FOLLOW US:


Sundulan Sempurna Sergio Ramos, Umpan Presisi Luka Modric

24-05-2020 22:00

 | Richard Andreas

Sundulan Sempurna Sergio Ramos, Umpan Presisi Luka Modric
Bek dan kapten Real Madrid, Sergio Ramos © AP Photo

Bola.net - 24 Mei adalah hari yang sangat spesial untuk Real Madrid. Los Blancos menorehkan dua capaian spesial pada tanggal itu, yakni La Octava 2000 dan La Decima 2014 -- alias trofi Liga Champions kedelapan dan kesepuluh.

Dua pencapaian itu spesial, tapi mungkin La Decima sedikit lebih penting. Betapa tidak, perjuangan Madrid jadi juara baru dimulai dengan gol sundulan Sergio Ramos di menit ke-93.

Gol itulah yang mengubah sejarah modern Madrid. Mereka berhadapan dengan Atletico Madrid di partai final, derby selalu sulit, apalagi jika dimainkan 600 km di luar Madrid, yakni di Lisbon.

Sekarang, setelah enam tahun berlalu, Ramos megenang dan mengulang kembali momen gol bersejarah itu. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Bersejarah

Gol Ramos di menit ke-93 bermula dari sepak pojok Luka Modric. Kala itu Madrid tertinggal 0-1, Atletico berada di atas angin. Lalu, tepat pada peluang terakhir, Ramos berhasil menyundul bola kiriman Modric ke gawang Thibaut Courtois.

Gol itu menyeimbangkan kedudukan dan menggoyahkan mental Atletico. Madrid kemudian mencetak tiga gol lagi di babak tambahan dan jadi juara dengan skor 4-1.

Kini, untuk mengenang momen tersebut, Ramos dan Modric mencoba mereka ulang momen gol tersebut.

"Itulah DNA Madrid, berjuang sampai akhir. Selama masih ada kesempatan, entah satu menit atau satu detik, Anda harus berpikir mampu melakukannya," ujar Ramos di RealMadrid TV.

2 dari 3

Umpan Modric

Sundulan Ramos begitu penting, tapi umpan presisi Modric tidak bisa diremehkan. Jika tendangan sudut itu tidak dieksekusi dengan baik, jelas Ramos tidak akan bisa menyambutnya dengan baik pula. Namun, sejak awal Modric tahu sepakannya bakal mengarah ke Ramos.

"Saat itu saya merasa sangat tenang, saya yakin kami akan mencetak gol. Sergio berada di tempat yang sangat tepat. Kami sudah melatih tendangan sudut ini cukup banyak sepanjang musim," ungkap Modric.

"Kami berhasil mencetak gol ke gawang Bayern dengan cara itu, juga pada beberapa pertandingan liga. Pergerakan dan sundulan Sergio sempurna."

3 dari 3

Sundulan Sempurna

Eksekusi Modric tanpa catat, bola melayang tepat ke posisi yang diinginkan Ramos. Bagi kapten Madrid ini, sundulan dan arah bola itu memang sangat tepat untuk mengalahkan Atletico.

Sundulan itu hebat karena eksekusinya, karena lompatannya, karena jarak dengan gawang, dan karena Thibaut menjaga sebagian besar wilayah gawang. Saya hanya bisa mengirim bola ke sudut itu," ujar Ramos.

"Saya mencari blok lawan, saya berpura-pura mengarah ke tiang jauh, lalu saya masuk ke sisi dalam. Godin tidak punya waktu untuk mencapai posisi itu dan dia bisa saja menyundul bola itu."

"Malam itu bersejarah dan ajaib bagi kami," tutupnya.

Sumber: Real Madrid