FOLLOW US:


Termasuk Coutinho & Salah, Ini 8 Pemain yang Bisa Bersaing Raih Ballon d'Or Pasca Messi & Ronaldo

11-10-2020 16:45

 | Dimas Ardi Prasetya

Termasuk Coutinho & Salah, Ini 8 Pemain yang Bisa Bersaing Raih Ballon d'Or Pasca Messi & Ronaldo
Ballon d'Or © AFP

Bola.net - Legenda sepak bola Belanda Clarence Seedorf menyebut ada delapan pemain di masa depan yang bisa bersaing merebut Ballon d'Or setelah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pensiun.

Ajang Ballon d'Or dalam satu dekade lebih ini didominasi oleh dua orang saja; Messi dan Ronaldo. Superstar Barcelona dan Juventus itu silih berganti memenangkan penghargaan tersebut.

Messi sejauh ini unggul atas Ronaldo. La Pulga mengoleksi enam trofi sementara CR7 lima.

Akan tetapi mereka kini sudah di usia senja pesepakbola. Messi sudah berusia 33 tahun sementara Ronaldo 35 tahun.

1 dari 3

Neymar, De Bruyne, Hazard, dan Lukaku

Neymar, De Bruyne, Hazard, dan Lukaku
Romelu Lukaku © Pool Getty via AP Photo

Clarence Seedorf mengatakan ada sejumlah pemain yang nantinya bisa bersaing memperebutkan trofi Ballon d'Or setelah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pensiun. Ia mengawalinya dengan penyerang PSG Neymar dan gelandang Manchester City Kevin de Bruyne.

“Ada cukup banyak pemain yang bisa meningkatkan permainannya. Neymar menjalani musim yang layak, tapi ia salah satu dari mereka yang masih bisa meningkatkan performanya dan berada di sana, kemudian kami memiliki beberapa gelandang seperti [Kevin] De Bruyne," ucapnya pada Goal.

Lalu ada winger Real Madrid, Eden Hazard dan bomber inter Milan, Romelu Lukaku. Namun ia juga mengisyaratkan cukup ragu dengan Hazard.

“KIta memiliki Hazard, saya selalu mengatakan bahwa Hazard dengan mudah bisa berada di sana tetapi ini tentang apakah Anda termotivasi untuk menjadi yang terbaik? Dan Lukaku yang luar biasa, ia telah melompat musim lalu," pujinya.

2 dari 3

Lewandowski, Coutinho, Mane, dan Salah

Lewandowski, Coutinho, Mane, dan Salah
Mohamed Salah merayakan gol kemenangan Liverpool atas Leeds United, Sabtu (12/9/2020) © Pool Getty via AP Photo

Clarence Seedorf melanjutkan menyebut empat nama berikutnya yang bisa menggantikan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo untuk meraih penghargaan Ballon d'Or. Dua yang pertama adalah Robert Lewandowski sang bomber Bayern Munchen dan playmaker Barcelona, Philippe Coutinho.

“Mungkin saya lupa beberapa: Lewandowski melakukan pekerjaan luar biasa, Coutinho, semua pemain ini," serunya.

Seedorf kemudian menyebut dua pemain sisanya. Mereka berasal dari Liverpool, yakni Sadio Mane dan Mohamed Salah.

"Ada banyak pemain: Mane, Salah," ucap Seedorf.

3 dari 3

Kunci Kesuksesan

Clarence Seedorf kemudian membeberkan kunci sukses bagi para pemain itu untuk bisa meraih penghargaan Ballon d'Or. Kuncinya cuma satu yakni konsistensi.

“Jadi, ini tentang konsistensi yang ditunjukkan Messi dan Ronaldo. Cristiano telah menunjukkan kepada semua pemain bahwa mereka bisa konsisten selama bertahun-tahun pada level itu dan itu adalah soal mentalitas, itulah motivasi dan dorongan yang dimiliki juara," terangnya.

"Mari berharap untuk melihat lebih banyak," tandas Seedorf.

Ballon d'Or untuk tahun 2020 ini ditiadakan karena pandemi virus corona. Sementara itu pemenang terakhir penghargaan tersebut adalah Lionel Messi.

(Goal)