10 Striker Berusia Lebih dari 30 Tahun Termahal, Lewandowski Posisi Berapa?

Aga Deta | 22 Juli 2022 12:40
Pemain baru Barcelona, Robert Lewandowski. (c) Barcelona Official

Bola.net - Striker merupakan salah satu properti panas di bursa transfer musim panas ini. Sejumlah klub elit Eropa berlomba-lomba merekrut striker berkualitas sehingga bisa membawa mereka menuju kesuksesan musim 2022/23.

Juara Premier League Manchester United berhasil mendapatkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Sementara Liverpool juga merekrut Darwin Nunez dari Benfica.

Menariknya, ada klub yang berani membeli striker di usia lebih dari 30 tahun dengan harga yang fantastis. Sebut saja Barcelona yang membeli Robert Lewandowski seharga 40,5 juta pounds.

Namun, bukan cuma Barcelona saja yang bersedia menggelontorkan banyak uang demi mendatangkan striker veteran. Berikut 10 striker berusia lebih dari 30 tahun termahal dalam sejarah sepak bola.

1 dari 10 halaman

Nikola Kalinic

Nikola Kalinic (c) AFP

Musim panas 2017 Nikola Kalinic pindah ke AC Milan dari Fiorentina dengan status pinjaman. Rossoneri kemudian menebus Kalinic yang kala itu berusia 31 tahun dengan bandrol 20,25 juta pounds.

Sayangya, performa yang ditunjukkan striker asal Kroasia itu tidak sebanding dengan uang yang harus dikeluarkan Milan. Selama berada di San Siro, Kalinic hanya mampu mencetak enam gol dari 41 penampilannya dalam semua ajang.

Setelah gagal bersinar, Rossoneri menjual Kalinic ke Atletico Madrid pada tahun 2018. Kalinic sekarang bermain dengan klub masa kecilnya Hajduk Split.

2 dari 10 halaman

Marko Arnautovic

Selebrasi gol Marko Arnautovic pada laga Bologna vs Inter Milan di laga tunda pekan ke-25 Serie A musim 2021/2022 (c) AP Photo

Marko Arnautovic tampil cukup bagus selama dua tahun di West Ham. Striker asal Austria tersebut mampu mencetak 22 gol dari 65 pertandingan bersama The Hammers.

Penampilan apik Arnautovic menarik perhatian klub Liga Super China Shanghai Port. Mereka kemudian merekrut sang pemain yang kala itu berusia 30 tahun dengan biaya 22,5 juta pounds.

Arnautovic menghabiskan tiga musim bersama Shanghai Port. Dia mencetak 20 gol dari 39 pertandingan sebelum kembali ke Italia bersama Bologna pada 2021.

3 dari 10 halaman

Samuel Eto'o

(c) AFP

Anzhi Makhachkala mendatangkan Samuel Eto'o pada tahun 2011. Anzhi merekrut Eto'o yang kala itu berusia 30 tahun dari Inter Milan seharga 24,3 juta pounds.

Eto'o menjadi pemain dengan gaji tertinggi di dunia saat bergabung dengan Anzhi. Dia mendapat gaji 20 juta euro per musim.

Mantan pemain Barcelona itu membayarnya dengan mencetak 36 gol dari 73 pertandingan. Eto'o meninggalkan Rusia pada 2013 dengan bergabung Chelsea.

4 dari 10 halaman

Diego Milito

Diego Milito (c) AFP

Diego Milito merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Inter Milan. Dia datangkan dari Genoa saat berusia 30 tahun dengan biaya 25,2 juta pounds.

Milito menikmati musim pertama yang mengesankan di di bawah Jose Mourinho. Pemain asal Argentina tersebut mencetak 30 gol dalam 52 pertandingan di semua kompetisi.

Tak hanya itu saja, Milito juga membantu Nerazzurri meraih treble winners. Setelah lima musim di Giuseppe Meazza, Milito kembali ke Argentina dengan memperkuat Racing Club.

5 dari 10 halaman

Anthony Modeste

Anthony Modeste (c) AFP

Anthony Modeste menjadi salah satu pemain kunci FC Koln pada musim 2016/17. Striker asal Prancis tersebut sukses mencetak 27 gol dari 37 penampilan.

Modeste kemudian menjadi target dari salah satu klub Liga Super China. Dia akhirnya pindah ke Tianjin Quanjian dengan biaya 26,1 juta pounds pada usia 30 tahun.

Modeste berhasil mencetak 16 gol dari 29 pertandingan untuk Tianjin Quanjian. Setelah dua tahun bermain di China, Modeste kembali bergabung bersama FC Koln.

6 dari 10 halaman

Chris Wood

Chris Wood resmi menjadi pemain Newcastle (c) Newcastle United Official

Newcastle memboyong Chris Wood dari Burnley dengan banderol 27 juta poundsterling. Dia pun menjadi rekrutan kedua The Magpies di bursa transfer Januari 2022.

Pemain berusia 30 tahun tersebut disodorkan kontrak dengan durasi selama 2,5 tahun. Akan tetapi, karier Wood di St James' Park sejauh ini masih belum begitu bagus.

Wood mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak dari manajer Eddie Howe. Namun, dia hanya mencetak dua gol dari 17 pertandingan untuk Newcastle.

7 dari 10 halaman

Sadio Mane

Perkenalan Sadio Mane sebagai pemain baru Bayern Munchen (c) FC Bayern

Sadio Mane telah membuktikan kehebatannya ketika bermain bersama Liverpool. Dia merupakan pemain andalan Jurgen Klopp di lini depan The Reds.

Di usianya yang ke-30 tahun, Mane memutuskan untuk mencari tantangan baru. Dia hengkang ke Bayern Munchen pada musim panas ini.

Mane pindah ke Allianz Arena dengan biaya transfer sebesar 28,8 juta pounds. Dia dikontrak Die Roten sampai tahun 2025 mendatang.

8 dari 10 halaman

Gabriel Batistuta

Gabriel Batistuta, mantan striker Fiorentina, AS Roma, dan Argentina (c) Bola.net

Gabriel Batistuta dikenal sebagai penyerang yang ganas di kotak penalti lawan. Tak heran jika dia diminati banyak klub termasuk AS Roma.

Pada tahun 2000, Roma membeli Batistuta dari Fiorentina dengan harga 32,5 juta euro. Kala itu umurnya sudah mencapai 31 tahun.

Batistuta menyumbang 33 gol dari 87 pertandingan untuk Roma. Dia juga membantu Giallorossi meraih gelar Serie A pada 2000/01.

9 dari 10 halaman

Robert Lewandowski

Striker Barcelona, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Robert Lewandowski merupakan salah satu pemain terbaik dalam urusan mencetak gol. Meski sudah berusia 33, Lewandowski masih memiliki penampilan yang sangat luar biasa bersama Bayern Munchen musim lalu.

Lewandowski memutuskan untuk mengakhiri tugasnya bersama Bayern setelah delapan tahun mengabdi pada musim panas ini. Dia kemudian melanjutkan kariernya bersama Barcelona.

Striker asal Polandia tersebut pindah ke Barcelona dengan biaya transfer sebesar 40,5 juta pounds. Dia menandatangani kontrak di Camp Nou sampai 30 Juni 2027.

10 dari 10 halaman

Cristiano Ronaldo

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Walau sudah berusia 37 tahun, bintang Portugal tersebut masih menunjukkan performa yang sangat luar biasa.

Ronaldo mampu mencetak 24 gol untuk Manchester United pada musim lalu. Sayangnya, dia tak berhasil membawa Setan Merah meraih juara dan mendapat tiket ke Liga Champions musim depan.

Pada 2018 lalu, Ronaldo berhasil memecahkan rekor sebagai striker veteran termahal. Kala itu Juventus membeli Ronaldo dari Real Madrid dengan harga 105,3 juta euro pada usia 33 tahun.

Sumber: Sportsmole

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR