FOLLOW US:


3 Pemain Rusia yang Pernah Bermain di Chelsea, Siapa Saja?

14-09-2021 16:34

 | Aga Deta

3 Pemain Rusia yang Pernah Bermain di Chelsea, Siapa Saja?
Stadion Chelsea, Stamford Bridge © AP Photo

Bola.net - Chelsea mengawali kiprah di Liga Champions musim ini dengan menghadapi Zenit St Petersburg. Duel ini akan digelar di Stamford Bridge, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB.

Chelsea mengawali musim ini dengan catatan yang cukup baik. Mereka berada di peringkat kedua Premier League setelah mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan.

Sama halnya seperti Chelsea, Zenit juga belum terkalahkan di liga domestik pada musim ini. Pasukan Sergei Semak sekarang menjadi pemuncak klasemen dengan 17 poin.

Berbicara soal Rusia, Chelsea tidak asing dengan pemain asal negara tersebut. Sejauh ini tercatat ada beberapa pemain Rusia yang menjadi bagian dari The Blues.

Berikut ini tiga pemain asal Rusia yang pernah memperkuat Chelsea.

1 dari 3

Dmitri Kharine

Chelsea membeli Dmitri Kharine dari CSKA Moscow pada tahun pada tahun 1992. Kiper asal Rusia tersebut sempat menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Chelsea.

Namun, nasibnya mulai berubah setelah kedatangan kiper asal Belanda Ed de Goey. Kharine pun pada akhirnya harus tersingkir dan menghabiskan waktunya di bangku cadangan.

Kharine bertahan di Chelsea sampai tahun 1999. Mantan pemain Celtic tersebut mencatatkan 146 penampilan di semua kompetisi bagi The Blues.

2 dari 3

Alexey Smertin

Alexey Smertin pernah menjadi bagian dari Chelsea pada tahun 2003 hingga 2006. Namun, gelandang asal Rusia tersebut hanya bermain untuk The Blues di musim keduanya, yaitu 2004/2005.

Sementara di musim pertamanya, Smerting langsung dipinjamkan ke Portsmouth. Di musim ketiganya dia menjalani masa peminjaman bersama Charlton Athletic.

Sepanjang musim 2004/2005 tersebut, Smertin tampil 25 kali dan mencetak satu gol serta dua assist. Meski tidak signifikan, Smertin turut mencicipi gelar Premier League dan Piala Liga pada musim tersebut.

3 dari 3

Yuri Zhirkov

Yuri Zhirkov
Yuri Zhirkov © AFP

Yuri Zhirkov didatangkan Chelsea dari CSKA Moskow pada musim panas 2009. Zhirkov tercatat hanya membela The Blues selama dua musim hingga 2011.

Zhirkov mencatatkan 41 pertandingan di semua ajang bersama Chelsea. Dia mencetak satu gol, dan berhasil membuat 11 assist dari penampilannya tersebut.

Selama berkarier di Stamford Bridge, Zhirkov ikut memenangkan Premier League dan Piala FA. Setelah bermain di Inggris, Zhirkov kemudian kembali ke Rusia dengan memperkuat Anzhi Makhachkala.

Sumber: Transfermarkt