FOLLOW US:


4 Pemain Jerman yang Pernah Memperkuat Barcelona, Ter Stegen Bukan Yang Pertama

14-09-2021 15:37

 | Aga Deta

4 Pemain Jerman yang Pernah Memperkuat Barcelona, Ter Stegen Bukan Yang Pertama
Marc-Andre Ter Stegen © AP Photo

Bola.net - Barcelona akan menghadapi Bayern Munchen dalam matchday 1 Grup E Liga Champions 2021/22. Pertandingan ini akan berlangsung di Camp Nou, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB nanti.

Pertemuan antara Barcelona dengan Bayern kali ini sepertinya akan berjalan dengan sengit. Pasalnya, Blaugrana mengusung misi balas dendam saat menjamu raksasa Jerman tersebut.

Barcelona punya memori kelam kala berhadapan dengan Bayern pada babak perempat final Liga Champions 2019/2020. Ketika itu, Blaugrana dihajar Bayern dengan skor telak 8-2.

Berbicara soal Jerman, Barcelona tidak asing dengan pemain asal negara tersebut. Sejauh ii tercatat ada beberapa pemain Jerman yang menjadi bagian dari Blaugrana.

Berikut ini empat pemain asal Jerman yang pernah memperkuat Barcelona.

1 dari 4

Emil Walter

Emil Walter adalah mantan pemain sepak bola yang berposisi sebagai pemain belakang. Pria asal Jerman tersebut pernah memperkuat UE Figueres dan Barcelona dalam sepanjang kariernya.

Walter menandatangani kontrak dengan Barcelona pada tahun 1923. ?Dia menjadi bagian dari skuat Blaugrana sampai tahun 1933.

Walter memainkan 242 pertandingan dengan memenangkan liga dan tiga piala raja selama waktunya di Camp Nou. Sayangnya, dia harus pensiun karena cedera yang membuatnya lumpuh selama sisa hidupnya.

2 dari 4

Bernd Schuster

Bernd Schuster
Bernd Schuster © AFP

Bernd Schuster datang ke Barcelona dari klub Bundesliga FC Koln pada 1980. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini memperkuat Blaugrana selama delapan musim.

Schuster juga tercatat sebagai salah satu kapten di Barcelona. Pria asal Jerman tersebut dipercaya untuk mengenakan ban kapten Barcelona pada tahun 1984 hingga 1986.

Selama delapan tahun di Camp Nou, Schuster memenangkan La Liga, dua Copa del Rey, Piala Winners dan Piala Super Spanyol. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Real Madrid.

3 dari 4

Robert Enke

Robert Enke bergabung dengan Barcelona dari Benfica pada awal musim 2002/2003. Namun, kiper asal Jerman tesebut mengalami kesulitan untuk menembus skuat utama Blaugrana.

Di Camp Nou, Enke kalah bersaing dengan Roberto Bonano dan Victor Valdes. Alhasil selama satu musim bersama Blaugrana Enke hanya bermain empat kali.

Enke sempat dipinjamkan ke Fenerbahce dan Tenerife. Pada 2004, Barcelona akhirnya memutuskan melepas Enke ke klub Jerman Hannover dengan status gratis.

4 dari 4

Marc-Andre Ter Stegen

Marc-Andre Ter Stegen
Kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen. © AP Photo

Marc-Andre Ter Stegen memutuskan hijrah ke Spanyol untuk bergabung dengan Barcelona tahun 2014. Kepindahan itu menyusul performa apik yang ditunjukkannya bersama Borussia Monchengladbach.

Ter Stegen awalnya tak menjadi pilihan utama dan lebih sering menghabiskan waktunya di bangku cadangan. Namun, kepergian Claudio Bravo dari Camp Nou menjadi berkah buat kiper asal Jerman tersebut.

Kini Ter Stegen menjadi sosok yang tidak tergantikan di bawah mistar gawang Barcelona. Dia sampai sejauh ini sudah mencatatkan 279 penampilan di semua kompetisi untuk Blaugrana.

Sumber: Transfermarkt