FOLLOW US:


4 Alasan Chelsea Harus Tetap Pertahankan Maurizio Sarri

11-06-2019 11:05

 | Aga Deta

4 Alasan Chelsea Harus Tetap Pertahankan Maurizio Sarri
Maurizio Sarri © AP Photo

Bola.net - Bola.net - Dalam beberapa musim terakhir, Chelsea sepertinya punya kebiasan melakukan pergantian manajer pada akhir musim. Antonio Conte berhasil memenangkan FA Cup tetapi dia tetap dipecat pada akhir musim.

Chelsea mengganti Conte dengan merekrut Maurizio Sarri dari Napoli. Dia memulai musim dengan sangat baik tetapi sejak kekalahan 3-1 dari Tottenham segalanya berubah drastis. The Blues terlihat tidak konsisten dan Sarri-ball terlihat sangat membosankan.

Meskipun perjalanan mereka naik turun, Sarri entah bagaimana berhasil membawa Chelsea finis di posisi empat besar. Dia juga memenangkan Liga Eropa dan menghasilkan momen-momen yang menakjubkan dalam sepak bola.

Menurut laporan, Sarri hanya tinggal selangkah lagi meninggalkan Chelsea. Mantan pemain Napoli itu sudah memberikan beberapa petunjuk bahwa ia akan pergi ke Juventus pada musim panas ini.

Chelsea memang dikenal sangat sering memecat manajer mereka. Tapi kali ini mungkin itu bukan keputusan yang tepat.

Berikut adalah empat alasan mengapa Chelsea harus tetap mempertahankan Sarri pada musim 2019-20 seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 4

Embargo Transfer

Embargo Transfer
Chelsea menaklukkan Arsenal 4-1 di final Liga Europa 2018-19 © AP Photo

Chelsea mendapatkan hukuman larangan transfer dalam dua bursa transfer ke depan. Itu berarti Chelsea tidak bisa merekrut pemain baru. Meski Chelsea sudah mengajukan banding terhadap keputusan tersebut tetapi masalah hukum membutuhkan waktu.

Jika CAS tetap memberlakukan larangan transfer, Chelsea bisa dihukum untuk tiga jendela transfer karena menunda embargo transfer. Larangan semacam itu belum pernah terjadi sebelumnya tetapi jika itu terjadi maka The Blues akan mengalami nasib yang lebih buruk daripada saat ini.

Dalam situasi seperti itu jika Chelsea memecat Sarri dan mendatangkan manajer baru, dia tidak akan bisa merekrut pemain baru. Apabila manajer baru gagal mencapai targetnya, dia bisa beralasan tidak bisa mendatangkan pemain yang dibutuhkannya.

Dengan demikian, Chelsea akan kembali ke titik awal dan memecat Sarri akan terlihat sangat merugikan. Selain itu, Sarri sudah tahu skuat ini dengan baik sekarang dan mereka mulai beradaptasi dengan gaya sepak bolanya. Ide dari manajer baru akan memakan waktu dan Chelsea bisa kesulitan lagi.

Tim di bawah manajer baru biasanya akan meningkat pada musim kedua setelah para pemain memahami filosofi dari sang manajer. Contoh terbaiknya adalah Liverpool bersama Jurgen Klopp dan Tottenham Hotspur asuhan Mauricio Pochettino.

2 dari 4

Janji

Janji
Skuat Chelsea rayakan gol Loftus-Cheek ke gawang Watford. © AP Photo

Ini mungkin bukan musim yang sempurna bagi Chelsea, tetapi musim yang cukup terhormat mengingat keadaan yang mereka hadapi.

Musim ini The Blues memenangkan Liga Eropa dan juga mencapai final Piala Liga. Ada saat-saat di mana The Blues mungkin memainkan sepakbola paling indah di liga, tetapi tidak bisa secara konsisten.

Di Premier League, Sarri sangat tidak realistis bisa meraih 98 poin pada musim pertamanya dan memenangkan liga. Tapi finish di posisi ke-3 bisa dianggap sebagai prestasi yang bagus meski performa di FA Cup bisa lebih baik.

Tapi secara keseluruhan itu adalah musim yang bagus untuk Chelsea. Sepak bola menjanjikan yang telah dimainkan Chelsea tidak boleh diabaikan juga. Trofi, final piala liga, kembali ke Liga Champions dan beberapa janji sepakbola yang bagus seharusnya Sarri pantas mendapat kesempatan lagi.

Tim-tim lain juga membutuhkan waktu saat mengangkat manajer baru dan Sarri tidak berbeda dan sepak bolanya akan membutuhkan waktu untuk bisa memberikan prestasi.

3 dari 4

Fans

Fans
Chelsea © AP Photo

Chelsea punya penggemar yang paling tidak sabar di dunia. Tetapi, pada saat yang sama mereka juga tidak segan memberikan dukungan penuh kepada pemain atau manajer yang disukai.

Penggemar Chelsea pernah menyanyikan pujian untuk Alvaro Morata tetapi setelah performanya merosot, dia dicemooh. Jose Mourinho adalah manajer paling sukses dalam sejarah Chelsea tetapi publik Stamford Bridge bahkan tidak mengampuni sosok asal Portugal tersebut.

Pertinggi Chelsea mungkin akan membiarkan Sarri untuk pergi karena hubungannya dengan para penggemar cukup buruk. Tapi ini bukan alasan kuat untuk membiarkannya pergi. Hubungan mereka memang buruk, tetapi kesuksesan di Liga Europa bisa menjadi penawarnya.

Ada kalanya penggemar Chelsea menginginkan Sarri keluar. Namun, ada kalanya juga Chelsea menang dan para penggemar memberikan pujian setinggi langit kepada Maurizio Sarri.

Para penggemar memang akan selalu memuji tim ketika menang dan mencemooh mereka ketika kalah. Jika Sarri tetap bertahan pada musim depan dan mulai memenangkan pertandingan maka penggemar kembali menaruh kepercayaan kepada Sarri dan hubungan mereka akan kembali bagus seperti sebelumnya.

4 dari 4

Kompetitor Lain

Kompetitor Lain
Josep Guardiola angkat trofi Premier League 2018/2019. © AP Photo

Chelsea adalah klub yang mengembangkan kesuksesan mereka berdasarkan melakukan pergantian manajer. Jika seorang manajer tidak mampu mencapai targetnya, ia akan langsung dipecat. Meskipun begitu, mereka masih mampu memenangkan piala.

Hal semacam itu mungkin berhasil di masa lalu tetapi sekarang tidak seperti itu lagi. Manchester City asuhan Pep Gurdiola sudah terlihat tidak terkalahkan dan mereka akan memperkuat timnya lagi pada musim ini. Liverpool arahan Jurgen Klopp dan Tottenham didikan Mauricio Pochettino memiliki skuat yang mapan. Arsenal dan Manchester United juga akan memperkuat skuat mereka di musim panas bersama manajer mereka masing-masing.

Untuk saat ini, semua tim papan atas di Premier League memiliki manajer dan pasukan yang sudah saling mengenal dan ini akan sangat membantu mereka musim depan.

Harus dipertimbangkan bahwa Premier League saat ini lebih kompetitif daripada sebelumnya. Sangat mungkin bahwa Chelsea akan meningkat pada musim depan di bawah Sarri dan tim lain akan kesulitan untuk mengalahkan mereka.

Bagi manajer baru yang datang, pertama-tama dia harus memahami pasukannya daripada liga, jika dia masih awam dengan sepak bola Inggris. Setelah itu, ia harus memahami bagaimana membuat timnya bermain secara konsisten dan memenangkan trofi.