5 Kekalahan Mengejutkan Tim Raksasa di Piala Dunia, Argentina Terbaru

Aga Deta | 23 November 2022 06:31
Ekspresi Lionel Messi saat timnas Argentina dikalahkan Arab Saudi, Selasa (22/11/2022) (c) AP Photo/Ebrahim Noroozi

Bola.net - Argentina menelan kekalahan dari Arab Saudi pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. Laga di Stadion Lusail berakhir dengan skor 1-2, Selasa (22/11/2022) WIB.

Pesta bola dunia empat tahun sekali ini bisa disaksikan secara eksklusif di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Vidio, dan Nex Parabola.

Argentina sejatinya mampu unggul lebih dulu pada menit ke-10 lewat gol penalti Lionel Messi. Akan tetapi, Arab Saudi bisa membalikkan keadaan di babak kedua berkat gol Saleh Alshehri dan Salem Aldawsari.

Kekalahan ini tergolong sangat mengejutkan. Pasalnya, di atas kertas, Argentina mempunyai materi pemain yang lebih baik ketimbang Arab Saudi.

Namun, kekalahan yang dialami pasukan Lionel Scaloni tentu bukan kejutan besar pertama dalam sejarah Piala Dunia. Sebelumnya ada sejumlah tim besar yang bertekuk lutut dari tim kecil di turnamen empat tahunan ini.

Berikut ini lima kekalahan mengejutkan tim besar di Piala Dunia.

1 dari 5 halaman

Inggris 0-1 Amerika Serikat (Piala Dunia 1950)

Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Ashley Landis

Pada Piala Dunia 1950, Inggris dijuluki sebagai Raja Sepak Bola. Pasalnya mereka mencatatkan rekor 23 kemenangan, empat kekalahan, dan tiga kali seri dalam tahun-tahun sejak Perang Dunia II berakhir.

Inggris pun sangat diunggulkan saat berjumpa Amerika Serikat. Karena skuad Amerika Serikat saat itu sebagian besar diisi oleh pemain amatir.

Namun, yang terjadi justru mengejutkan dunia sepakbola. Amerika Serikat berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 1-0 berkat gol yang dicetak oleh Joe Gaetjens.

2 dari 5 halaman

Korea Utara 1-0 Italia (Piala Dunia 1966)

Fans Timnas Italia pada laga semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol yang digelar di Wembley (c) AP Photo

Korea Utara bukan tim langganan Piala Dunia. Negara tetangga Korea Selatan itu cuma pernah mentas di gelaran empat tahunan tersebut sebanyak dua kali, yakni pada 1966 dan 2010.

Pada Piala Dunia pertama mereka di Inggris, Korea Utara ternyata mampu membuat kejutan. Mereka mengalahkan tim kuat Italia dengan skor 1-0.

Kemenangan itu mengantarkan Korea Utara ke babak perempat final. Namun, mereka harus mengakui keunggulan Portugal di babak ini.

3 dari 5 halaman

Argentina 0-1 Kamerun (Piala Dunia 1990)

Dua suporter Argentina berada di Doha, Qatar jelang laga perdana melawan Arab Saudi di grup C Piala Dunia 2022. (c) AP Photo

Argetnina merupakan salah satu tim kuat di Piala Dunia 1990. Ketika itu, Tim Tango berstatus sebagai juara bertahan dan diperkuat oleh sang legenda Diego Maradona.

Meski begitu, Argentina mengalami kekalahan menyakitkan 0-1 di laga perdana penyisihan grup di Italia. Mereka takluk oleh gol semata wayang Francois Omam-Biyik.

Meski kalah di laga perdana, Argentina kemudian berhasil melaju ke final. Sayangnya mereka gagal menjadi juara karena kalah dari Jerman Barat.

4 dari 5 halaman

Prancis 0-1 Senegal (Piala Dunia 2022)

Timnas Senegal sukses mengalahkan Timnas Prancis di fase grup Piala Dunia 2002 (c) FIFA

Banyak kejutan terjadi di Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Korea Selatan dan Jepang. Satu di antara kejutan tersebut adalah tersingkirnya Prancis di fase grup.

Berstatus sebagai juara bertahan, langkah Prancis di Piala Dunia 2002 terseok-seok. Di partai perdana melawan Senegal, Prancis yang tidak diperkuat sang maestro Zinedine Zidane karena cedera di luar dugaan takluk 0-1.

Prancis kemudian bermain imbang tanpa gol melawan Uruguay dan disikat Denmark dengan skor 0-2. Les Bleus pun gagal lolos ke babak 16 besar setelah finis di posisi buncit di Grup A dengan mengumpulkan satu poin.

5 dari 5 halaman

Italia 0-1 Kosta Rika (Piala Dunia 2014)

Suporter Timnas Italia di Euro 2020 (c) AP Photo

Kosta Rika merupakan salah satu tim underdog di Piala Dunia 2014. Meski tidak diperkuat pemain bintang, mereka mampu membuat kejutan besar di Brasil.

Kosta Rika berhasil mengalahkan Uruguay pada laga pertama mereka di fase grup. Italia kemudian menjadi korban mereka berikutnya setelah takluk dengan skor 0-1.

Setelah bermain imbang tanpa gol melawan Inggris, Kosta Rika melaju ke babak gugur dengan menjadi juara grup. Mereka mampu menembus perempat final sebelum kalah adu penalti melawan Belanda.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

Sumber: DAZN

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR