FOLLOW US:


Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup H

05-06-2018 09:33
Analisis dan Prediksi Piala Dunia 2018: Grup H
Robert Lewandowski © AFP

Bola.net -
Polandia (lihat profil tim)
Senegal (lihat profil tim)
Kolombia (lihat profil tim)
Jepang (lihat profil tim)

JADWAL PERTANDINGAN
19 Juni 19:00 WIB - Kolombia vs Jepang
19 Juni 22:00 WIB - Polandia vs Senegal
24 Juni 22:00 WIB - Jepang vs Senegal
25 Juni 01:00 WIB - Polandia vs Kolombia
28 Juni 21:00 WIB - Jepang vs Polandia
28 Juni 21:00 WIB - Senegal vs Kolombia.

Sadio Mane (c) AFP

Sadio Mane (c) AFP


ANALISIS KEKUATAN
Polandia
Pertandingan-pertandingan Polandia cenderung diwarnai banyak gol. Di babak kualifikasi, Polandia mencetak rata-rata tiga gol per laga namun mereka juga kebobolan lebih banyak dibandingkan juara-juara grup lainnya.

Pilar utama di lini depan Polandia tentu saja bomber kelas dunia bernama Robert Lewandowski.

Itu merupakan kekuatan, tapi juga bisa menjadi salah satu kelemahan Polandia. Pasalnya, ketergantungan mereka pada striker utamanya itu cukup besar.

Lewandowski hanya mencetak satu gol di EURO 2016 dan Polandia kandas di delapan besar.

Senegal
Beberapa pemain Senegal merupakan pemain penting di klub-klub Eropa. Termasuk di antaranya adalah Kalidou Koulibaly (Napoli), Keita Balde (AS Monaco) dan tentu saja Sadio Mane (Liverpool).

Namun kurangnya pengalaman di turnamen global bisa menjadi kekurangan Senegal.

Ini baru kedua kalinya Senegal lolos ke Piala Dunia. Yang pertama adalah di Piala Dunia 2002. Waktu itu, Senegal bahkan secara sensasional melaju sampai perempat final.

Tidak mudah bagi Senegal untuk bisa mengulanginya di Rusia 2018.

Kolombia
Jose Pekerman memberi Kolombia jati diri sebagai tim yang memiliki pertahanan cukup ketat dan serangan balik cepat. Pelatih 68 tahun asal Argentina yang dikenal untuk tactical management style-nya itu harus diakui merupakan salah satu keunggulan Kolombia.

Skuat Kolombia mungkin tak segemerlap Argentina, dan permainan mereka pun mungkin tak seindah Brasil, tapi Kolombia punya potensi untuk melangkah sejauh dua rival Amerika Latinnya tersebut.

Dengan pemain-pemain seperti Yerry Mina (Barcelona), James Rodriguez (Bayern Munchen), Juan Cuadrado (Juventus) hingga Radamel Falcao (AS Monaco), Kolombia difavoritkan lolos dari fase grup.

Jepang
Beberapa pemain Jepang memiliki banyak pengalaman main di Eropa. Shinji Kagawa dari Borussia Dortmund dan Shinji Okazaki dari Leicester bisa menjadi pembeda dalam kiprah Jepang di Rusia 2018.

Keisuke Honda pun masih cukup bisa diandalkan.

Jepang finis sebagai juara Grup B kualifikasi zona Asia di atas Arab Saudi dan Australia. Mereka tak boleh dipandang sebelah mata.

Pemecatan pelatih Vahid Halilhodzic, yang meloloskan Jepang ke Rusia 2018 namun diwarnai disharmonisasi tim, memang sangat mengejutkan. Namun pelatih baru Akira Nishino diyakini dapat membuat tim ini jadi lebih solid.

James Rodriguez dan Radamel Falcao (c) AFP

James Rodriguez dan Radamel Falcao (c) AFP


PREDIKSI
Ini mungkin merupakan grup yang paling seimbang. Keempat tim dinilai punya peluang yang sama untuk lolos ke putaran berikutnya.

Namun harus diakui kalau Polandia dan Kolombia adalah dua favorit terdepan.

Polandia, yang kalah adu penalti melawan Portugal di perempat final EURO 2016, masih bakal berharap banyak pada striker haus gol Robert Lewandowski. Dia adalah sosok yang familier dengan hampir setiap lini pertahanan, tapi bukan berarti mereka bisa menghentikannya begitu saja.

Sepak terjang Kolombia di babak kualifikasi memang tidak terlalu meyakinkan, tapi tim ini masih tetap tergolong tim kuat. Mengulangi prestasi lolos ke perempat final seperti di Brasil 2014 bukanlah sesuatu yang mustahil bagi mereka.

Prediksi lolos babak 16 besar: Polandia, Kolombia.

Jepang (c) AFP

Jepang (c) AFP


FAKTA & STATISTIK
  • Kolombia merupakan tim terakhir yang mendapatkan hak lolos otomatis ke Rusia 2018 dari zona Amerika Selatan. Los Cafeteros akan mencoba meraih prestasi lebih baik daripada di Brasil 2014, di mana mereka melaju sampai delapan besar. Radamel Falcao dan James Rodriguez akan menjadi dua pemain kuncinya.
  • Satu-satunya partisipasi Senegal di Piala Dunia sebelum ini begitu berkesan, lolos sampai perempat final Korea/Jepang 2002. Dalam debutnya itu, Senegal tercatat mengalahkan juara bertahan Prancis di fase grup dan Swedia di babak 16 besar.
  • Dalam lima partisipasi sebelumnya, prestasi terbaik Jepang di Piala Dunia adalah lolos sampai babak 16 besar. Samurai Blue mencapainya ketika jadi tuan rumah bersama di edisi 2002 dan di Afrika Selatan 2010.
  • Robert Lewandowski mencetak 16 gol dalam sepuluh penampilan untuk Polandia, terbanyak di kualifikasi zona Eropa untuk Piala Dunia 2018. (bola/gia)