Rekor Graham Potter Versus Tim Big Six EPL: Pernah Hajar MU Empat Gol Tanpa Balas

Aga Deta | 9 September 2022 16:16
Manajer Brighton Graham Potter. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea resmi merekrut Graham Potter sebagai manajer baru. Potter ditunjuk The Blues tak lama setelah didepaknya Thomas Tuchel dari kursi pelatih.

Potter sebelumnya menangani Brighton. Pria berusia 47 tahun tersebut dikontrak sebagai juru taktik Chelsea selama lima musim hingga tahun 2027 mendatang.

Potter punya tugas yang tidak mudah di Stamford Bridge. Dia harus bisa membawa Chelsea bersaing di papan atas setelah terjebak di posisi ke-6 klasemen Premier League.

Potter memang sosok manajer berpengalaman di Premier League. Dia baru datang ke Inggris pada 2018 lalu untuk menangani klub divisi Championship, Swansea City.

Kendati demikian, Potter sudah pernah menghadapi sejumlah tim papan atas Premier League. Lalu bagaimana rekor Potter saat melawan mereka? Berikut ini ulasannya.

1 dari 6 halaman

Arsenal

Selebrasi skuad Arsenal untuk gol Gabriel Jesus ke gawang Aston Villa, Premier League 2022/23 (c) AP Photo

Graham Potter termasuk cukup sering berhadapan dengan Arsenal. Dia menghadapi dengan The Gunners sebanyak delapan kali di semua kompetisi.

Bersama Brighton, Potter melawan Arsenal sebanyak enam kali di Premier League. Dia mampu menang tiga kali, imbang sekali dan kalah dua kali saat berjumpa The Gunners.

Potter juga pernah menghadapi Arsenal pada ajang Liga Europa 2017/18 saat menangani Ostersund. Dia meraih satu kemenangan dan menelan satu kekalahan kala itu.

2 dari 6 halaman

Tottenham

Harry Kane merayakan golnya ke gawang Fulham, Sabtu (4/9/2022) (c) AP Photo

Graham Potter belum sempat menghadapi Tottenham di Premier League musim ini bersama Brighton. Namun, dia pernah berjumpa Spurs sebanyak tujuh kali sebelumnya.

Potter berhadapan dengan Spurs di premier League dalam tujuh pertandingan. Hasilnya, dia meraih tiga kemenangan dan menderita empat kekalahan.

Selain itu, Potter juga pernah berjumpa Tottenham pada ajang FA Cup. Ketika itu, Brighton takluk 1-3 dari Spurs.

3 dari 6 halaman

Manchester United

Selebrasi Marcus Rashford usai mencetak gol di laga Manchester United vs Arsenal, Premier League 2022/23 (c) AP Photo

Graham Potter sebenarnya sering meraih hasil yang buruk saat berhadapan dengan Manchester United. Namun, dia mampu meraih kemenangan dalam dua pertemuan terakhir.

Brighton menang 2-1 atas Setan Merah di pekan pertama Premier League musim ini. Sebelumnya, mereka menang 4-0 di Falmer Stadium pada musim lalu.

Sementara dalam lima laga Premier League sebelumnya, Potter selalu kalah dari Manchester United. Dia juga kalah 0-3 pada ajang Carabao Cup 2020/2021.

4 dari 6 halaman

Manchester City

Selebrasi skuad Manchester City dalam laga Liga Champions 2022/2023 di kandang Sevilla, Rabu (7/9/2022) (c) AP Photo

Graham Potter menghadapi Manchester City dengan Brighton sebanyak enam kali dalam ajang premier League. Namun, rekornya saat berjumpa The Citizens tidak begitu bagus.

Potter hanya meraih satu kemenangan saat berjumpa Man City. Lima laga sisanya berakhir dengan kekalahan.

Potter juga pernah menghadapi Man City saat menangani Swansea City. Ketika itu mereka takluk 2-3 di kompetisi FA Cup.

5 dari 6 halaman

Liverpool

Para pemain Liverpool merayakan gol pada laga lawan Bournemouth di pekan ke-7 Premier League 2022/2023, Sabtu 27 Agustus 2022 (c) AP Photo

Graham Potter sudah berjumpa dengan Liverpool sebanyak enam kali. Itu terjadi bersama Brighton dalam kompetisi Premier League.

Dalam enam pertemuan itu, Potter hanya mampu meraih satu kemenangan saja. Sementara lima laga sisanya berakhir dengan dua hasil imbang dan tiga kekalahan.

Satu-satunya kemenangan yang diraih Potter atas Liverpool terjadi pada musim 2020/21. Ketika itu Brighton menang 1-0 di Anfield.

6 dari 6 halaman

Chelsea

Skuat Chelsea merayakan gol Kai Havertz ke gawang West Ham, Sabtu (3/9/2022) (c) AP Photo

Graham Potter saat ini ditunjuk menjadi manajer Chelsea. Namun, dia sebelumnya pernah menghadapi The Blues dalam enam pertandingan Premier League bersama Brighton.

Rekor Potter saat menghadapi Chelsea cukup buruk. Dia tidak pernah menang dalam enam pertandingan melawan The Blues.

Dari enam pertandingan itu, Potter meraih hasil imbang empat kali dan kalah dua kali. Tim asuhannya juga mencetak empat gol dan kemasukan enam gol.

Sumber: Transfermarkt

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR