FOLLOW US:


Arema FC Dukung Penggunaan Wasit Asing

07-08-2017 16:26
Arema FC Dukung Penggunaan Wasit Asing
Ruddy Widodo © Fitri Apriani

Bola.net - Keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk menggunakan wasit asing mendapat respon positif dari Arema FC. Mereka menegaskan dukungan pada penggunaan wasit asing pada sisa kompetisi Liga 1 tersebut.

Enam orang wasit asing saat ini telah mulai memimpin pertandingan Liga 1. Wasit-wasit asal Australia telah memimpin laga antara Persib Bandung dan PS TNI. Sementara, wasit-wasit asal Kyrgystan telah bertugas pada pertandingan PSM Makassar versus Mitra Kukar.

Sejauh ini, performa wasit-wasit asing tersebut mengundang apresiasi positif. Banyak yang memuji ketegasan dan kepemimpinan mereka dalam pertandingan.

"Kalau ini memang untuk kebaikan, mengapa tidak? Kami mendukung. Kami yakin tujuan mendatangkan wasit ini adalah untuk meningkatkan kualitas kompetisi," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Lebih lanjut, kendati mendukung kehadiran wasit asing, Ruddy melontarkan wanti-wantinya. Ia meminta agar jangan sampai wasit asing mendapat respek lebih dari pemain dan ofisial, hanya karena status asing mereka.

"Kalau respek, harus respek pada semuanya, termasuk pada wasit lokal," tegas pria berusia 45 tahun ini.

Ruddy juga berharap agar wasit lokal tak hanya menonton kolega-kolega asingnya beraksi dan menuai pujian. Pria asal Madiun ini berharap wasit-wasit lokal bisa meniru dan mengambil pelajaran dari wasit-wasit asing tersebut.

"Mereka sebenarnya bagus. Hanya saja, mereka harus menghilangkan 'ilmu balancing', yang selama ini kerap dilakukan," tandasnya.