FOLLOW US:


Gagal di Piala AFF, Indra Sjafri Buka Peluang Panggil Pemain Baru

19-07-2018 17:18
Gagal di Piala AFF, Indra Sjafri Buka Peluang Panggil Pemain Baru
Indra Sjafri © Mustopa El Abdy
Bola.net - Kegagalan membawa timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 membuat Indra Sjafri langsung berbenah. Salah satunya dengan memanggil pemain anyar untuk skuat yang dipersiapkan tampil di Piala Asia U-19.

Berstatus sebagai tuan rumah, timnas U-19 gagal melaju ke partai final Piala AFF U-19 usai tumbang dari Malaysia pada babak semifinal lewat adu penalti. Egy Maulana Vikri dkk hanya mampu mengakhiri turnamen satu tahunan itu dengan menempati peringkat ketiga.

Usai gagal, Indra langsung melakukan evaluasi. Dalam waktu dekat, dia akan melakukan pertemuan dengan PSSI untuk membahas pencapaian timnnya di Piala AFF U-19, sekaligus persiapan timnas U-19 untuk Piala Asia U-19 yang bakal bergulir pada 18 Oktober - 4 November mendatang.

"Kami sudah sepakat bahwa setelah Piala AFF kami akan melakukan report ke PSSI dan kami akan membahas atau mengevaluasi apa-apa yang harus kami perbaiki ke depan, dan juga membicarakan program untuk menuju ke bulan Oktober-November," ujar Indra, Kamis (19/7).

Pada Piala Asia U-19 nanti, Indra membuka peluang untuk memanggil pemain baru. Meski begitu, para pemain yang berlaga di Piala AFF beberapa waktu lalu tetap akan dipanggil untuk dilihat kembali penampilannya.

"Sekarang saya lagi menyusun periodesasi persiapan timnas U-19, termasuk rekruitmen pemain baru. Tapi yang jelas semua pemain yang kemarin ikut di Piala AFF akan kami panggil ulang untuk dilihat kualitas mereka jika dibandingkan dengan pemain-pemain baru nanti," kata mantan pelatih Bali United ini.

Lebih lanjut, Indra menegaskan akan menggunakan sistem promosi dan degradasi dalam proses pemilihan pemain. Hal tersebut dilakukan sampai dia menemukan skuat yang sesuai keinginannya.

"Prinsipnya untuk timnas usia muda seperti U-16 dan U-19 itu adalah wadah untuk menjaring atau menyiapkan generasi-generasi untuk menjadi pemain-pemain senior yang betul-betul kualitasnya terjamin. Oleh sebab itu, di usia semuda itu promosi dan degradasi itu pasti akan kental sekali," Indra mengakhiri.

(fit/asa)