FOLLOW US:


Manajer Madura FC Ungkap Keterlibatan Komite Wasit Dalam Pengaturan Skor

18-12-2018 02:52
Manajer Madura FC Ungkap Keterlibatan Komite Wasit Dalam Pengaturan Skor
Liga 2 © Bola.net

Bola.net - Manajer Madura FC, Januar Herwanto mengungkap fakta baru mengenai pengaturan skor atau match fixing pada kompetisi sepak bola Indonesia khususnya di Liga 2.

Jika sebelumnya ia mengungkap kebobrokan oknum anggota komite eksekutif PSSI. Kini, Januar membongkar adanya dugaan keterlibatan komite wasit dalam pengaturan skor.

Januar menceritakan bahwa pelatih Madura FC, Salahuddin pernah dihubungi salah seorang anggota komite wasit. Oknum tersebut menawarkan jasa wasit yang bisa diajak kerja sama.

"Ada salah satu komite wasit yang menelpon pelatih kami untuk menawarkan jasanya biar dapat wasit yang bisa diajak kerja sama," kata Januar dalam sebuah dialog pada diskusi sepak bola nasional di Surabaya, Senin (17/12).

Namun Januar tidak menjelaskan secara rinci kapan pelatihnya mendapat tawaran tersebut. Ia juga enggan menyebutkan identitas oknum komite wasit yang diduga bermain.

"Katanya pelatih kami, dia adalah mantan pemain," jelas Januar ketika diminta menyebutkan identitas yang bersangkutan.

Selain mengungkap soal keterlibatan komite wasit dalam pengaturan skor, Januar juga mengeluhkan banyaknya wasit yang dinilai tidak layak memimpin pertandingan di Liga 2.

Sebagai contoh, Januar menyebut nama wasit Ahmad Tuharea sebagai salah satu wasit yang kontroversial. Tetapi tetap diberikan tugas oleh PSSI untuk memimpin sebuah pertandingan.

"Dia adalah wasit paling berani, jadi kami waktu di Kalteng, kena paha langsung penalti, kapten protes langsung dikasih kartu kuning. Tapi masih terus lagi dia dapat tugas," tandasnya.