FOLLOW US:


Pelatih Kiper Persib Bela Aqil Savik Diragukan Layak Bela Timnas Indonesia

20-05-2021 12:19

 | Asad Arifin

Pelatih Kiper Persib Bela Aqil Savik Diragukan Layak Bela Timnas Indonesia
Muhammad Aqil Savik © Mustopa El Abdy

Bola.net - Masuknya nama Aqil Savik dalam daftar skuad Timnas Indonesia memicu perdebatan. Sebab, Aqil Savik minim mendapat kesempatan bermain di Persib Bandung. Termasuk saat tampil di Piala Menpora 2021 lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membawa Aqil Savik ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), sebagai persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, tidak heran dengan terpilihnya Aqil Savik ke Timnas Indonesia. Pasalnya, penjaga gawang berpostur 186 cm itu punya prospek yang cerah di masa depan.

1 dari 2

Punya Teknik dan Mental

Aqil Savik akan bersaing dengan dua kiper lainnya, Nadeo Argawinata dan Adi Satryo untuk merebut tempat utama di Timnas Indonesia. Passos yakin Aqil Savik layak bersaing dengan dua nama tersebut.

"Aqil Savik adalah seorang penjaga gawang dengan masa depan yang hebat. Dia adalah pemuda dengan kualitas teknik yang hebat dan mentalitas kuat," kata Passos dinukil dari laman klub.

2 dari 2

Percaya dengan Aqil Savik

Passos percaya Aqil Savik akan menjadi kiper yang hebat. Saat ini, penjaga gawang kelahiran Bandung, 17 Januari 1999 itu dianggap sedang menjalani proses.

"Saya pikir, seorang penjaga gawang harus punya kepribadian yang kuat dan mentalitas yang stabil. Penjaga gawang muda akan melewatkannya dan proses itu normal. Saya percaya Aqil Savik," jelas Passos.

Bersama Persib, Aqil Savik baru bermain dua kali sejak 2018. Mantan penjaga gawang Bandung United itu kalah bersaing dari Teja Paku Alam dan I Made Wirawan.

Sebelum dipromosikan ke Timnas Indonesia senior, Aqil Savik pernah bermain untuk timnas U-19. Namun, statusnya hanyalah pelapis dari Muhammad Riyandi.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Wiwig Prayugi, 19 Mei 2021)