FOLLOW US:


Penyerang Arema FC Wajib Hentikan Konsumsi Suplemen Protein

17-03-2019 00:52
Penyerang Arema FC Wajib Hentikan Konsumsi Suplemen Protein
Aksi Robert Lima alias Gladiator. © instagram.com/aremafcofficial

Bola.net - David Setiawan angkat bicara soal kondisi Robert Lima Gladiator, yang kerap menjadi sorotan belakangan ini. Sport Therapist Arema FC tersebut menilai penyerang asal Brasil ini harus membatasi konsumsi protein.

Menurut David, dalam pemeriksaan medis oleh dokter tim Arema beberapa waktu lalu, ditemukan adanya kelebihan protein dari Gladiator. Hal ini, sambung David, bisa jadi karena sebelumnya penyerang berusia 32 tahun tersebut banyak mengonsumsi obat-obatan.

"Bisa jadi sebelumnya ia banyak mengonsumsi kreatin dan protein berlebihan. Akhirnya ini berpengaruh pada staminanya. Memang ia terlihat kuat, tapi setelahnya langsung drop," ucap David.

"Karenanya, dokter mewanti-wanti agar ia tak lagi mengonsumsi protein," sambungnya.

Sebelumnya, muncul sejumlah kabar soal kondisi fisik Gladiator. Penyerang yang baru bergabung pada awal musim ini disebut tampil melempem pada sejumlah laga terakhirnya di Arema. Menurunnya performa penyerang yang sudah mencetak tujuh gol dalam pertandingan resminya bersama Arema ini disebut tak lepas dari jebloknya kondisi staminanya.

Menurut David, masalah stamina ini sendiri bukan hal yang kasat mata. Yang bisa merasakan soal stamina, sambung alumnus Universitas Negeri Yogyakarta ini, adalah Gladiator sendiri.

"Stamina ini individual. Individu sendiri yang merasakan," tuturnya.

Apa yang harus dilakukan Gladiator untuk meningkatkan kondisi fisiknya? Simak di bawah ini.

1 dari 3

Latihan Tambahan

Lebih lanjut, David menyebut ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dikerjakan Gladiator untuk bisa mengembalikan kondisi fisiknya. Menurutnya, salah satu pekerjaan rumah tersebut adalah melahap porsi latihan tambahan.

"Salah satunya adalah latihan tambahan di gym," kata David.

"Sebenarnya, protein nggak terlalu bermasalah. Namun, pada tingkat konsumsi tertentu bisa jadi masalah, termasuk salah satunya ke ginjal dan liver," sambungnya.

2 dari 3

Tak Perlu Diet

Sementara itu, David menyebut, Gladiator tak perlu diet untuk menurunkan berat badannya demi mencapai postur ideal. Pasalnya, pemain yang sempat bermain di Liga Kuwait ini merasa tak bermasalah dengan postur badannya saat ini.

"Memang ada sedikit kelebihan, tapi ia lebih ideal dengan kondisi seperti ini," papar David.

"Jika lebih kurus lagi, ia justru merasa nggak nyaman," tandasnya.

3 dari 3

Berita video wawancara eksklusif bersama Carles Puyol dalam acara UEFA Champions League Trophy Tour 2019 presented by Heineken di Surabaya.