FOLLOW US:


Persipura Nilai Penangguhan Regulasi Pemain U-23 Merugikan

17-07-2017 22:30
Persipura Nilai Penangguhan Regulasi Pemain U-23 Merugikan
Wanderley Junior © Fitri Apriani

Bola.net - Kebijakan PSSI yang menangguhkan regulasi penggunaan pemain U-23 di Liga 1 mendapat sorotan tajam dari Wanderley Junior. Pelatih Persipura Jayapura ini menilai kebijakan tersebut berdampak negatif bagi timnya.

"Kita rugi dengan adanya penangguhan ini," ujar Wanderley.

"Manajemen telah mempersiapkan segala sesuatu dari awal. Namun, sekarang peraturan berubah," sambungnya.

Selain berdampak pada tim, pelatih asal Brasil ini menambahkan, penangguhan regulasi ini ini juga berdapak negatif bagi pemain muda. Pasalnya, kesempatan mereka untuk bermain kembali berkurang.

"Mereka sudah main, mulai bisa berkembang, lalu ada perubahan lagi," tuturnya.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menangguhkan implementasi Regulasi Liga 1 2017 terkait kewajiban memainkan pemain berusia di bawah 23 tahun. Kondisi itu berlaku hingga SEA Games XXIX-2017 Kuala Lumpur, Malaysia, rampung. Keputusan LIB ini disosialisasikan melalui surat bernomor 155/LIB/VI/2017 tertanggal 29 Juni 2017 yang ditujukan pada klub peserta Liga 1.

Dalam surat ini, operator menyebut penangguhan dimulai sejak pekan 12 yang bergulir mulai 3 Juli 2017 dan berlangsung sampai pekan 22 yang berakhir pada 31 Agustus 2017. Regulasi terkait kewajiban memainkan pemain berusia 23 bakal mulai berlaku pada 1 September 2017.

Keputusan PT LIB ini menyusul adanya keputusan PSSI yang disampaikan melalui surat nomor 1601/UDN/916/VI-2017 tertanggal 28 Juni 2017. Dalam surat yang ditandatangani Plt Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono, PSSI juga memutuskan aturan yang berlaku sepanjang implementasi regulasi terkait kewajiban memainkan pemain berusia di bawah 23 ditangguhkan.

Sementara itu, kendati ada penangguhan, Wanderley mengaku tetap memberi kesempatan pemain-pemain mudanya unjuk gigi. Menurutnya, pemain muda Persipura, macam Osvaldo Haay, M. Tahir, Frisca Womsiwor dan Yan Nasadit telah menunjukkan bahwa mereka bisa bersaing dengan pemain yang lebih senior.

"Saya tidak lihat usia. Saya lihat kualitas dan keberanian mereka," ucap Wanderley.

"Saya selalu beri kesempatan pemain muda ini pada tiap pertandingan," ia menandaskan. (den/dim)

 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bola Indonesia

- - -