FOLLOW US:


PT LI: Pembatasan Pemain Asing Didukung Klub

19-07-2014 13:46
PT LI: Pembatasan Pemain Asing Didukung Klub
Joko Driyono. © LigaIndonesia
Bola.netBola.net - Upaya PT Liga Indonesia (PT LI) mengurangi jumlah pemain asing dalam kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama musim mendatang, nampaknya mudah direalisasikan.

Hal tersebut, karena mendapatkan dukungan dari klub-klub peserta. Bahkan CEO PT LI, Joko Driyono, mengatakan jika munculnya rencana tersebut merupakan saran dari klub.

"Keputusan ini, diambil tidak sepihak. Ini juga berdasarkan feedback yang kami terima jauh sebelumnya," kata Joko Driyono.

Sehingga nantinya, setiap klub hanya diperbolehkan diperkuat sebanyak tiga pemain asing. Jumlah tersebut, berkurang satu dari musim sebelumnya, di mana klub diperbolehkan menggunakan pemain asing dengan skema 3 plus 1 atau tiga pemain dari negara manapun dan satu dari Asia.

"Klub sebenarnya juga sudah sepakat. Jumlah tiga pemain asing dalam satu klub, menjadi keinginan peserta ISL sebelum skema 3 plus 1 diterapkan di musim 2014. Tepatnya, dua tahun lalu klub ISL menyampaikan keinginan untuk pembatasan pemain asing, yaitu hanya tiga pemain," imbuhnya.

"Penggunaan pemain asing dengan skema 3 plus 1, sebetulnya diterapkan untuk mengakomodir dua klub yang tampil di AFC Cup 2014, Persipura dan Arema. AFC memperbolehkan setiap tim diperkuat empat pemain asing dengan skema 3 plus 1," pungkasnya.