Ragam Gosip Terbaru Bursa Transfer Pemain Indonesia

Serafin Unus Pasi | 8 Juli 2021 21:00
Persija Jakarta, juara Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Bursa transfer musim panas yang sedang berlangsung di Eropa juga terjadi di Indonesia. Karena kompetisi nasional segera dimulai, maka perpindahan pemain dari satu klub ke tim lain membuat isu menjadi seru.

Berbagai gosip transfer pemain Indonesia tidak kalah menarik. Baik isu perpindahan di dalam negeri, maupun yang sudah berkarier di luar negeri.

Contohnya, keputusan Marc Anthony Klok untuk pindah dari Persija Jakarta ke Persib Bandung beberapa waktu lalu memicu pro dan kontra. Sebab, kita tahu suporter kedua tim memiliki rivalitas tinggi.

Banyaknya pemain yang pindah ke klub Liga 2 misalnya Persis Solo juga menyita perhatian fans sepak bola nasional. Tim Laskar Samber Nyawa yang sekarang dikelola anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep membuat bujet belanja pemain seolah tidak terbatas.

Di luar itu juga masih banyak gosip perpindahan pemain. Beberapa nama layak dibahas seperti yang dirangkum Bola.net dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 5 halaman

Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri (c) Dokumentasi PSSI

Egy menjadi komoditi panas setelah kontraknya tak diperpanjang tim asal Polandia, Lechia Gdansk. Ada yang bilang, pemain berusia 21 tahun itu segera merapat ke salah satu klub besar di Tanah Air.

Namun, ada rumor lain yang menyebutkan Egy tetap di Eropa. Klub di Liga Kroasia atau Serbia dikabarkan siap memakai jasanya.

Kabar lainnya, klub dari Norwegia juga bersedia menjadi pelabuhan Egy berikutnya yang bercita-cita bisa main di Liga Champions. Yang jelas agennya, Dusan Bogdanovic masih menutup rapat bakal kemana kliennya itu.

2 dari 5 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Minimnya kesempatan bermain yang didapatkan Witan Sulaeman bersama klub asal Serbia, FK Radnik Surdulica membuatnya digosipkan segera angkat kaki. Masih dari gosip yang berkembang, ia dilepas dengan skema pinjaman.

Tujuannya adalah klub kasta kedua Liga Polandia, Miedz Legnica. Diharapkan, Witan yang merupakan mantan pemain PSIM Yogyakarta itu bisa dapat pengalaman bermain.

Tapi, kabar itu sudah dibantah agennya, Dusan Bogdanovic. Ia mengatakan, kabar Witan cabut dari FX Radnik Surdulica adalah hoax.

3 dari 5 halaman

Pratama Arhan

Pratama Arhan (c) PSIS Semarang Official

Bek kiri PSIS Semarang ini kencang dirumorkan menyusul Asnawi Mangkualam ke Korea Selatan. Kabarnya di sana ada klub K-League yang ingin memberinya kontrak.

Gosip ini terus mengemuka terutama setelah kompetisi Liga 1 2021/2022 belum jelas kapan dimulai. Sementara kemampuan pemain bisa hilang jika terlalu lama menganggur.

Tapi, belum jelas klub Korea Selatan mana yang ingin memberinya kontrak. Yang jelas, pemain berusia 19 tahun itu sangat ingin bermain di luar negeri.

4 dari 5 halaman

Rizky Ridho

Pemain Persebaya, Rizky Ridho, melakukan tendangan bebas di laga melawan PS Sleman (c) Ikhwan Yanuar Harun

Kali ini, isu perpindahan pemain menerpa Rizky Ridho. Bek Persebaya Surabaya itu kuat digosipkan segera terbang ke Korea Selatan.

Isu ini berangkat dari cuitan akun @CLvis91 di Twitter. Di sana, ada tabel pemain asing yang akan beredar di K-League 1 2021.

Tampak ada nama Rizky Ridho yang ditempelkan di kolom klub Pohang Steelers. Menanggapi ini, Persebaya memilih kalem, dan kabar itu sendiri juga masih ditunggu kebenarannya.

5 dari 5 halaman

Trio Asia Tenggara

Ryuji Utomo (c) Ortuseight

Sementara itu, tiga pemain Indonesia yang beredar di kompetisi Asia Tenggara agaknya terus melanjutkan kariernya di sana. Mereka adalah Yanto Basna, Saddil Ramdani, dan Ryuji Utomo.

Yanto Basna kontraknya per awal Juni 2021 lalu sudah diperpanjang klub Thailand, PT Prachuap FC. Kemudian Saddil Ramdani tetap di Sabah FC, begitu pula dengan Ryuji Utomo bersama Penang FC.

Saddil dan Ryuji tetap akan menghiasi Liga Malaysia. Mereka dianggap memberi peran signifikan dalam permainan tim.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR