FOLLOW US:


5 Pelajaran Laga Brighton vs Manchester United: Dari VAR Hingga Gol Rashford

27-09-2020 10:19

 | Aga Deta

5 Pelajaran Laga Brighton vs Manchester United: Dari VAR Hingga Gol Rashford
Selebrasi Bruno Fernandes bersama pemain Manchester United setelah bobol gawang Brighton. © AP Photo

Bola.net - Manchester United membawa pulang tiga poin dari markas Brighton & Hove Albion, Sabtu (26/9/2020) malam WIB. Namun, kemenangan itu tidak diraih dengan mudah.

Setan Merah menantang tuan rumah Brighton pada laga pekan ke-3 Premier League 2020/2021. Bermain di Amex Stadium, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer menang dengan skor 3-2.

Brighton sempat unggul lebih dulu melalui penalti Neal Maupay. Namun, tim tamu bisa menyamakan kedudukan lewat bunuh diri Lewis Dunk.

Marcus Rashford berhasil membawa timnya berbalik unggul pada babak kedua. Akan tetapi, keunggulan Setan Merah itu bisa digagalkan Solly March.

Manchester United akhirnya memastikan kemenangan melalui penalti yang dilesakkan Bruno Fernandes. Kemenangan ini mengangkat Setan Merah ke posisi 13 di klasemen sementara Premier League.

Lantas, seperti apa pelajaran yang bisa dipetik dari laga Brighton vs Manchester United? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

VAR Kembali Menentukan Pertandingan

VAR Kembali Menentukan Pertandingan
Aaron Wan-Bissaka mengontrol bola pada laga melawan Brighton di pekan ketiga Premier League 2020/2021 © AP Photo

VAR juga menghiasi keseruan laga antara Brighton vs Manchester United. Kedua tim sama-sama mendapat keuntungan dan kerugian dari penerapan teknologi ini.

Gol dari Marcus Rashfor dan Mason Greenwood dianulir oleh VAR. Namun, keputusan tersebut sangat tepat karena dalam proses terjadinya gol memang offside.

Namun, yang paling menjadi sorotan tentu saja penalti yang didapat Manchester United. Penalti itu terjadi setelah akhir laga.

Pemain Setan Merah melakukan protes karena menilai Neal Maupay melakukan handball. Setelah mengecek VAR, wasit menunjuk titik putih dan penalti dieksekusi dengan baik oleh Bruno Fernandes.

2 dari 5

Pesona Tariq Lamptey

Brighton mampu memberikan perlawanan kepada Manchester United. Selain Solly March, ada nama Tariq Lamptey yang tampil cukup bagus dalam pertandingan ini.

Lamptey memang tidak mencetak gol atau membuat assist. Namun, pergerakan pemain asal Inggris itu cukup merepotkan pertahanan Setan Merah saat menyerang.

Bek kanan berusia 19 tahun ini juga bekerja keras dalam membantu pertahanan. Lamptey kini menjadi aset besar bagi Brighton. Apabila terus bermain konsisten, sang pemain bisa menjadi bintang masa depan Timnas Inggris.

3 dari 5

Bruno Fernandes dan Penalti

Bruno Fernandes dan Penalti
Bruno Fernandes merayakan gol ke gawang Tottenham, Sabtu (20/6/2020) © AP Photo

Bruno Fernandes menjadi penentu kemenangan Manchester United saat berjumpa Brighton. Pemain 25 tahun itu mencetak gol melalui tendangan penalti.

Ini adalah gol penalti pertama Fernandes di Premier League musim 2020/2021. Namun, torehan itu menegaskan catatan sempurnanya sebagai eksekutor penalti untuk Setan Merah

Pemain 25 tahun itu tidak pernah gagal menendang penalti sejak musim 2017/2018 silam. Mantan pemain Sporting CP itu sudah mengambil 17 penalti sejak musim 2017/2018 dan tidak pernah sekali pun gagal dalam menjalankan tugasnya.

4 dari 5

Brighton Apes dengan Tiang Gawang

Brighton Apes dengan Tiang Gawang
Leandro Trossard diapit dua pemain MU saat Brighton bertemu Manchester United, Sabtu (26/9/2020) malam WIB. © AP Photo

Brighton bernasib sial saat berjumpa Manchester United. Lima peluang emas mereka membentur tiang gawang.

Tiga diantaranya tercatat atas nama Leandro Trossard. Sementara dua sisanya ditorehkan Solly March.

Hal itu berujung rekor buruk buat Brighton. Menurut Opta, mereka menjadi tim pertama sejak musim 2003-2004 yang tendangannya membentur tiang gawang sebanyak lima kali dalam satu pertandingan Premier League.

Sementara itu, Trossard juga menjadi pemain pertama sejak 2006 yang peluangnya membentur tiang tiga kali dalam satu pertandingan Premier League. Pemain terakhir yang melakukannya adalah Cristiano Ronaldo saat melawan Newcastle.

5 dari 5

Gol Luar Biasa Rashford

Gol Luar Biasa Rashford
Penyerang Manchester United Marcus Rashford melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Brighton, Sabtu (26/9/20). © AP Photo

Meski tidak menunjukkan permainan terbaiknya, Manchester United bisa mencetak tiga gol ke gawang Brighton. Salah satunya tercatat atas nama Marcus Rashford.

Rashford sempat menjebol gawang Brighton yang dikawal Mathew Ryan pada menit ke-52. Namun, gol tersebut dianulir VAR karena sang pemain lebih dulu dalam posisi offside.

Rashford akhirnya benar-benar mencetak gol pada menit ke-55. Gol yaang diciptakan Rashford tersebut bisa dibilang cukup bagus.

Setelah menusuk dari sisi kiri, Rahsford mengelabui pemain Brighton hingga terjatuh. Pemain asal Inggris itu lalu melepas tembakan keras ke gawang Brighton.

Rashford sekarang sudah mencetak dua gol dari dua pertandingan. Penggemar Setan Merah pasti berharap sang pemain bisa terus menyumbang gol untuk Setan Merah.

Sumber: Berbagai Sumber