FOLLOW US:


Analisis: Mengapa Pemain Incaran Manchester United Begitu Mahal?

12-06-2019 12:00

 | Richard Andreas

Analisis: Mengapa Pemain Incaran Manchester United Begitu Mahal?
Paul Pogba berduel dengan Bernardo Silva © AP Photo

Bola.net - Manchester United diprediksi bakal mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain-pemain incaran mereka ke Old Trafford pada bursa transfer musim panas ini. Tanpa Liga Champions, MU kurang menarik di mata kandidat pemain mereka.

Menurut Manchester Evening News, bursa transfer saat ini semakin liar. Beberapa hari mendatang, MU bakal mengenalkan Daniel James secara resmi, pembelian pertama mereka di bursa transfer kali ini yang kabarnya bernilai 15-18 juta poundsterling.

Mendapatkan James dengan biaya di bawah 20 juta pounds terbilang bagus, khususnya ketika harga pemain melambung tinggi seperti saat ini. Namun, tetap saja itu berisiko untuk pemain 21 tahun yang baru membuktikan diri satu musim di Championship.

Mari mundur sebentar, tujuh tahun lalu ketika Manchester City mewujudkan transfer yang sama. Kala itu, mereka membeli Scott Sinclair hanya dengan 6 juta pounds, padahal situasinya persis seperti Daniel James: semusim gemilang bersama Swansea di Championship.

Lalu, apa penyebab harga pemain sekarang begitu mahal? Bahkan untuk pemain muda yang sebenarnya belum terbukti? Jawabannya hanya satu: Neymar. Ya, saat ini klub-klub Eropa telah memasuki era post-Neymar.

Dua tahun lalu PSG mendatangkan Neymar dari Barcelona dengan nilai yang sangat besar: 222 juta euro! Bayangkan ada berapa banyak Scott Sinclair dan Daniel James yang bisa dibeli dengan uang sebesar itu,

Transfer Neymar memang hanya melibatkan dua klub: PSG dan Barcelona. Namun, dampaknya sampai ke mana-mana, harga pemain meroket. Mengapa begitu? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Derita MU

Sepuluh tahun yang lalu, Real Madrid hanya perlu mengeluarkan 80 juta euro untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Manchester United. Sekarang, 80 juta euro masih bisa mendapatkan pemain hebat, tetapi tidak seperti Ronaldo.

Terbukti, saat ini MU bahkan harus memulai negosiasi dengan 40 juta euro untuk mendapatkan Aaron Wan-Bissaka, bek kanan Crystal Palace yang baru berusia 21 tahun. Nahasnya Palace menolak, mereka mau negosiasi dimulai dari angka 50 juta euro.

Kabarnya, saat ini MU berusaha mencari alternatif lain yang lebih murah daripada Wan-Bissaka, tetapi sebenarnya itu tak ada guna. Klub mana pun akan memasang harga tinggi untuk pemainnya yang dikejar MU."

"Harganya akan selalu mahal karena klub-klub sudah dewasa, anda tidak bisa mencuri pemain dengan hanya 5 atau 6 juta pounds. Mereka teanng dan mendapatkan pendanaan Premier League sekitar 100 juta pounds, jadi mereka tidak membutuhkan tambahan 5 juta pounds atau 10 juta pounds, mereka hanya mau 50 juta pounds atau 60 juta pounds," ujar Garry Neville bulan lalu

Jadi, meski MU (dan fans) mengeluhkan harga 50 juta pounds untuk Wan-Bissaka, faktanya adalah mereka harus membayar itu jika ingin membantu Solskjaer mendapatkan target yang diharapkan.