FOLLOW US:


Bersama Liverpool, Sadio Mane Didukung Hentikan Dominasi Messi-Ronaldo

19-07-2019 13:30

 | Richard Andreas

Bersama Liverpool, Sadio Mane Didukung Hentikan Dominasi Messi-Ronaldo
Sadio Mane © AP Photo

Bola.net - Mohamed Salah dan Sadio Mane diyakini layak dipertimbangkan sebagai kandidat kuat peraih Ballon d'Or tahun ini. Jika tidak, minimal keduanya bisa bersaing beberapa tahun ke depan.

Lebih dari satu dekade terakhir, Ballon d'Or dimonopoli oleh dua pemain terbaik di dunia: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dominasi mereka berdua baru berakhir pada tahun 2018 lalu, dengan Luka Modric yang terpilih.

Tahun 2019 ini, peta persaingan berubah lagi. Ronaldo dan Messi masih dipertimbangkan, tetapi tak lagi jadi favorit. Salah dan Mane terbilang sebagai beberapa kandidat terbaik peraih Ballon d'Or 2019.

Saat ini, Mane masih berusaha membuktikan kemampuannya dengan membantu Senegal di AFCON (Africa Cup of Nations). Dia berhasil mendorong Senegal mencapai final, dan bakal melawan Algeria, Sabtu (20/7) dini hari WIB nanti.

Analis sepak bola Afrika, Ed Dove tidak yakin apakah Mane bisa bersaing merebut Ballon d'Or tahun 2019 ini. Dia ragu AFCON bakal berpengaruh, bahkan jika Mane jadi juara.

"Sayangnya, saya masih meragukan seberapa besar pengaruh AFCON terhadap pemungutan suara Ballon d'Or, sebab hanya ada satu pemain Afrika yang pernah meraih Ballon d'Or, yakni George Weah (pada 1995), yang tidak pernah nyaris meraih trofi untuk nasional," kata Dove dikutip dari Liverpool Echo.

"Jadi, trofi nasional mungkin tidak terlalu memengaruhi Ballon d'Or, tetapi saya jelas mempertimbangkan performa Mane di Liga Champions, disandingkan dengan kesuksesan di kompetisi internasional, jelas dia layak jadi salah satu kandidat."

"Namun, meski gagal mendapatkannya tahun ini, waktunya tepat untuk Salah dan Mane, sebab kita mendekati akhir era Messi dan Ronaldo yang sangat mendominasi dalam satu dekade terakhir," imbuhnya.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Bintang Baru

Dove tidak bermaksud meremehkan kualitas Ronaldo-Messi, tetapi dia merasa sudah waktunya sepak bola mengenalkan wajah baru. Sadio Mane dan Mohamed Salah layak dipertimbangkan, khususnya jika Liverpool terus meraih trofi.

"Di antara tahun 2008 sampai 2018, ketika Modric meraih Ballon d'Or, hanya Messi dan Ronaldo yang meraihnya, salah satu contohnya adalah pencapaian fantastis Didier Drogba pada 2012, dia bahkan tidak dipertimbangkan," imbuh Dove.

"Namun, mereka berdua [Ronaldo dan Messi] masih pemain top, dan saya tidak akan mengabaikan mereka yang mungkin mendekati akhir performa terbaik mereka."

"Sepak bola membutuhkan bintang baru, dan saya kira Mane dan Salah punya peluang bagus meraih Ballon d'Or seperti siapa pun," sambungnya.