FOLLOW US:


Eks Wasit EPL: VAR Tak Akan Sempurna di Inggris

03-07-2019 19:57

 | Dimas Ardi Prasetya

Eks Wasit EPL: VAR Tak Akan Sempurna di Inggris
Video Assistant Referee (VAR) © UEFA

Bola.net - Eks wasit Premier League Howard Webb mengklaim Video Assistant Referee (VAR) tak akan bisa berjalan dengan sempurna ketika diperkenalkan di Inggris musim depan.

VAR menjadi terobosan besar dalam dunia sepakbola. Teknologi itu membantu wasit untuk mengeliminasi, atau setidaknya meminimalisir kesalahan dalam membuat keputusan.

VAR sendiri sudah ditetapkan di sejumlah kompetisi. Di antaranya kompetisi Serie A, La Liga hingga Liga Champions.

Bagaimana dengan Premier League? Musim lalu, VAR mulai diuji cobakan saja di sejumlah pertandingan. Namun uji coba itu tak memberikan pengaruh pada pertandingan-pertandingan tersebut.

Namun mulai musim 2019-20, teknologi itu akan mulai digunakan di kompetisi termegah di dunia tersebut. Pihak Premier League sendiri sebelumnya disebut tak ingin mengikuti langkah kompetisi lain yang menerapkan VAR lebih dahulu karena ingin para ofisial alias wasit benar-benar memahami cara penggunaannya.

Penggunaan VAR ini tampaknya didukung oleh Webb. Akan tetapi ia memperingatkan bahwa teknologi itu tak bakal bisa berjalan dengan sempurna.

Scroll terus ke bawah Bolaneters

1 dari 2

Banyak Faktor


Webb menjelaskan apa alasannya mengklaim VAR tak akan bisa bekerja dengan sempurna. Sebab ada sejumlah faktor yang mempengaruhi.

"Saya pikir hal terbesar yang mereka butuhkan untuk memberi tahu orang adalah bahwa [VAR] itu tidak akan mencapai kesempurnaan 100 persen karena hal seperti itu tidak ada. Saya tidak tahu apa itu sebenarnya," ucapnya seperti dilansir Sky Sports.

"Olahraga kita ini bukan sekedar hitam dan putih, itu tidak dimainkan dalam serangkaian bola mati. Sepakbola dimainkan dengan tempo dan beberapa situasi menciptakan subjektivitas dan interpretasi," terangnya.

"Itu selalu akan dilakukan dengan cara hukum ditulis dalam olahraga kita dan cara olahraga itu dipimpin [wasit]," tutur Webb.

2 dari 2

Turunkan Ekspektasi


Webb kemudian berbicara tentang ekspektasi para fans terhadap VAR. Ia berharap pihak Premier League menurunkan ekspektasi mereka terhadap teknologi tersebut.

"Saya pikir mereka harus mengatur ekspektasi [fans]. Ini akan meningkatkan permainan di sana, pasti. Ini akan mengurangi kesalahan," kata Webb.

"Para wasit di sana pandai melakukan apa yang mereka lakukan tetapi mereka melakukan kesalahan, seperti yang dilakukan semua wasit karena permainannya sangat cepat. Jika Anda tidak hati-hati, Anda akhirnya akan memindahkan opini dari lapangan ke opini dalam stan di tempat lain - itu masih hanya pendapat seseorang. Anda membutuhkan teknologi untuk membantu Anda menghilangkan kesalahan yang jelas," tegasnya.

"Hal lain adalah, orang perlu memahami bahwa terlalu banyak keterlibatan bukanlah hal yang baik. Permainan ini berkembang, sangat besar, dan ini adalah industri besar. Sudah bertahun-tahun tanpa VAR," cetus Webb.

Howard Webb sebelumnya mengabdi sebagai wasit di Premier League selama sekitar 11 tahun. Kini ia bekerja sebagai general manager of the Professional Referee Organisation di MLS.