FOLLOW US:


Kleberson Ungkap Upaya Ferguson Membantunya Beradaptasi di Manchester United

28-04-2020 22:59

 | Dimas Ardi Prasetya

Kleberson Ungkap Upaya Ferguson Membantunya Beradaptasi di Manchester United
Sir Alex Ferguson © AFP

Bola.net - Eks gelandang timnas Brasil Kleberson mengungkapkan bahwa ia memiliki hubungan yang baik dengan Sir Alex Ferguson dan manajer asal Skotlandia itu disebutnya berusaha membantunya secara maksimal untuk beradaptasi di Manchester United.

Kleberson menarik minat banyak tim besar pada tahun 2002. Saat itu ia tampil apik bersama timnas Brasil yang tampil di Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang.

Pada akhirnya United merekrutnya pada tahun 2003. Ia dicomot dari klub profesional pertamanya yakni Atletico Paranaense.

Sebelumnya Kleberson mengaku bahwa ia mendapat banyak bantuan untuk beradaptasi di Inggris. Salah satunya dari gelandang Roy Keane.

1 dari 2

Bantuan Sir Alex Ferguson

Akan tetapi Kleberson juga mengaku Sir Alex Ferguson juga berusaha keras membantunya beradaptasi di kompetisi Premier League. Bahkan Ferguson disebutnya rela belajar bahasa Portugis agar bisa berkomunikasi dengan lancar dengan dirinya.

"Pembicaraan pertama kami sangat sulit, karena saya hanya berbicara bahasa Portugis ketika saya tiba. Tapi ia selalu berusaha mengajari saya kata-kata baru. Terutama pada awalnya ia ingin belajar sesuatu dalam bahasa Portugis dan ia mencoba mengajari saya bahasa Inggris," ungkapnya pada Goal International.

"Ia akan menghampiri saya di ruang ganti dan mengatakan sesuatu yang sederhana seperti hari-hari dalam seminggu. Kami memiliki hubungan yang sangat baik. Bahkan jika ia tidak sering memilih saya, ia memberi saya banyak kesempatan untuk berhubungan dengan tim," jelasnya.

2 dari 2

Comeback ke Premier League

Comeback ke Premier League
Kleberson © afp

Meski gagal di Old Traffird, Kleberson mengaku tidak menyesali waktunya di klub tersebut. Pasalnya ia mendapat banyak masukan dari Sir Alex Ferguson.

Ia pun bertekad untuk menggunakan ilmu dan pengalamannya itu sebagai pelatih. Ia juga bertekad untuk bisa melatih di Premier League suatu saat nanti.

“Saya tidak bisa mengatakan itu bukan transisi yang sulit ke dunia kepelatihan tetapi itu menyenangkan. Saya memiliki pengalaman hebat yang berarti saya dapat berbagi banyak hal baik dengan anak-anak dan itu sangat bagus," ucapnya.

“Tujuan saya adalah kembali ke Premier League sebagai pelatih. Saya tidak bisa mengatakan pengalaman saya di sana tidak baik. Itu sulit tetapi saya belajar banyak dan saya tahu jika saya mendapat kesempatan untuk kembali, segalanya akan sangat berbeda," tegas Kleberson.

(goal international)