FOLLOW US:


Pertandingan Tanpa Penonton, Pernahkah Terjadi di Premier League?

20-03-2020 10:20

 | Richard Andreas

Pertandingan Tanpa Penonton, Pernahkah Terjadi di Premier League?
Duel Juventus vs Inter Milan di Serie A 2019/20 digelar tanpa penonton untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona. © AP Photo

Bola.net - Ketika pandemi virus corona terus menekan dunia sepak bola seperti saat ini, besar kemungkinan pertandingan harus dimainkan tanpa penonton jika ingin menuntaskan musim. Keputusan ini harus diambil demi menjaga kesehatan masyarakat luas.

Di Inggris, Premier League memutuskan menunda semua pertandingan sampai setidaknya 30 April 2020. Batas waktu itu pun masih belum pasti, bahkan bisa diperpanjang apabila pandemi virus corona alias Covid-19 belum mereda.

Alhasil, Premier League pun mungkin terpaksa mengambil keputusan pertandingan tanpa penonton, seperti yang sudah dicoba Serie A, Liga Champions, Liga Europa, dan kompetisi lainnya musim ini.

Bermain tanpa penonton jelas buruk, wajarnya dianggap sebagai bentuk hukuman. Dampaknya pun begitu besar, mulai dari dampak finansial sampai dampak terhadap mentalitas pemain di lapangan.

Jika benar harus memainkan pertandingan tanpa penonton, apakah ini pengalaman baru bagi Premier League? Atau sudah pernah terjadi sebelumnya?

1 dari 4

Apakah pertandingan Premier League pernah dimainkan tanpa penonton sebelumnya?

Mengutip Goal internasional, jawabannya tidak. Tidak pernah ada pertandingan Premier League yang dimainkan tanpa penonton sejak lahirnya kompetisi tersebut bertahun-tahun silam.

Beberapa pekan terakhir, Manchester United menyambangi LASK pada duel leg pertama 16 besar Liga Europa. Laga itu digelar tanpa penonton, ketika Odion Ighalo mencuri perhatian dengan gol-gol berkelas.

Beberapa bulan lalu, Wolverhampton pun pernah mengalami duel tanpa penonton ketika menyambangi Slovan Bratislava di Liga Europa. Laga ini diputuskan tanpa penonton karena nyanyian rasial fans tuan rumah pada pertandingan sebelumnya.

Kemudian, pada tahun 2014 lalu, Manchester City menyambangi CKSA Moscow di Liga Champions. Pertandingan ini dimainkan tanpa penonton karena gangguan serius dari fans tuan rumah ketika takluk 1-5 dari AS Roma pada pertandingan sebelumnya.

2 dari 4

Sebelum Era Premier League

Lebih lanjut, sebelum era Premier League, West Ham pernah memainkan pertandingan bersejarah di depan stadion kosong pada ajang UEFA Cup 1980.

Saat itu West Ham melawan Real Madrid Castilla dan dihukum karena tingakh suporter mereka pada kekalahan 1-3 di Santiago Bernabeu, duel leg pertama. West Ham akhirnya memenangi pertandingan ini.

Dua tahun kemudian, Aston Villa selaku juara bertahan European Cup memulai langkah mempertahankan trofi mereka di depan stadion kosong. Villa dihukum karena kericuhan suporter mereka pada bulan sebelumnya.

3 dari 4

Belum Pernah

Artinya, belum pernah ada pertandingan Premier League yang dimainkan tanpa penonton, meski sejumlah klub sudah pernah merasakannya di kompetisi lain.

Jika jalan ini yang diambil nanti -- dan memang yang paling mungkin terjadi -- maka bakal jadi pengalaman baru untuk banyak klub. Premier League sedang menghadapi masa-masa sulit.

Terlebih, opsi tanpa penonton ini mungkin akan dibarengi dengan usulsan festival of football yang disuarakan Gary Neville. Singkatnya, Premier League harus memadatkan jadwal pertandingan dalam dua pekan saja untuk menuntaskan musim ini.

4 dari 4

Bagaimana dengan liga lain?

Duel Juventus vs Inter Milan di Serie A 2019/20 digelar tanpa penonton untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona. (c) AP Photo
Duel Juventus vs Inter Milan di Serie A 2019/20 digelar tanpa penonton untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona. (c) AP Photo

Sebelum pandemi virus corona, sejumlah pertandingan di liga top Eropa sudah pernah dimainkan tanpa penonton. Misalnya pada tahun 2017 lalu, Barcelona mengalahkan Las Palmas 3-0 di depan Camp Nou yang kosong karena kericuhan publik Catalan.

Serie A pun sudah pernah melakukannya. Sejumlah pertandingan pernah dimainkan tanpa penonton pada tahun 2007 setelah ada seorang polisi yang terbunuh pada kericuhan pertandingan Catania kontra Palermo.

Pada tahun 2009, Juventus bermain imbang 2-2 dengan Atalanta di stadion kosong setelah fans Juve melakukan pelecehan rasial pada Mario Balotelli pada pertandingan kontra Inter Milan.

Sumber: Goal