Saran Conte untuk Arteta: Jangan Kebanyakan Komplain Deh!

Richard Andreas | 13 Mei 2022 10:20
Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo

Bola.net - Antonio Conte coba memberikan saran untuk Mikel Arteta. Jika ingin berkembang jadi pelatih top, Arteta mungkin perlu belajar untuk tidak komplain terlalu sering.

Jumat (13/5/2022), Tottenham menghajar Arsenal dengan skor telak 3-0 dalam duel lanjutan Premier League 2021/22. Hasil pertandingan ini krusial untuk persaingan empat besar.

Arsenal seharusnya bisa mengamankan satu slot Liga Champions jika berhasil menang. Nahas, mereka justru tidak berkutik menghadapi gempuran Spurs yang tampil agresif.

Harry Kane mencetak dua gol di babak pertama dan Son Heung-min melengkapinya di babak kedua. Skor 3-0 menunjukkan bahwa Arsenal tidak bisa memberikan perlawanan.

1 dari 3 halaman

Banyak komplain

Kali ini, dapat dikatakan bahwa laga sudah ditentukan di babak pertama. Dua gol Kane ditambah dengan kartu merah Rob Holding membuat Arsenal berada di posisi sulit.

Kartu merah Holding jadi keputusan jelas dari wasit, tapi tampaknya Arteta sulit menerima itu. Sepanjang laga, Arteta sering komplain ke ofisial keempat di tepi lapangan.

"Menurut saya Mikel Arteta adalah pelatih yang sangat bagus. Dia sungguh pelatih bagus. Dia baru mulai bekerja, tapi saya kira saya mendengar dia banyak komplain," ujar Antonio Conte, bos Spurs.

"Saya kira dia harus fokus ke timnya dan tidak banyak komplain."

2 dari 3 halaman

Kalau mau terima saran

Conte melihat potensi Arteta jadi pelatih besar di masa mendatang. Namun, pelatih top seharusnya tidak banyak mengeluh dan komplain. Sebagai senior, Conte hanya mencoba menyampaikan sarannya.

"Dia baru mulai bekerja dan saya kira dia harus tetap tenang dan terus fokus bekerja. Dia sangat bagus, tapi pelatih yang komplain sepanjang waktu tentu bukan hal baik," lanjut Conte.

"Sebab jika kami mau komplain, kami bisa melakukannya di setiap pertandingan. Bicara soal wasit, soal keputusan di lapangan, soal pertandingan yang ditunda."

"Menurut saya ini semacam saran jika dia mau menerimanya. Jika tidak, saya tidak peduli," tandasnya.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR