FOLLOW US:


Akui Kekuatan Vinales, Marquez Senang Performanya Membaik

24-03-2017 11:15
Akui Kekuatan Vinales, Marquez Senang Performanya Membaik
Marc Marquez © HRC

Bola.net - Pembalap Repsol Honda sekaligus juara dunia bertahan, Marc Marquez mengaku sangat puas dengan hasil sesi latihan bebas pertama MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada Kamis (23/3) malam waktu setempat, di mana ia duduk di posisi kedua, tertinggal 0,596 detik dari rider Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales di posisi terdepan.

Menurut Marquez, performanya kali ini jauh lebih baik dari hari ketiga uji coba di tempat yang sama dua pekan lalu, di mana ia hanya menduduki posisi 10 setelah terjatuh tiga kali. Dengan peningkatan performa yang signifikan ini, Marquez pun kian merasa percaya diri menghadapi balapan hari Minggu (26/3) nanti.

"Kami memulai pekan balap lebih baik daripada saat kami mengakhiri uji coba. Rasanya jauh lebih baik ketimbang uji coba, kami mengubah sesuatu pada motor dan kini lebih nyaman. Bahkan dengan cuaca berangin dan grip yang rendah, catatan waktu tetap baik," ujarnya kepada Crash.net.

Rider berusia 24 tahun ini pun mengakui bahwa Vinales melaju sangat cepat dan memiliki ritme balap yang baik dan konsisten, namun tetap puas ia dan timnya telah mengalami progres yang lebih baik. "Mack sangat cepat, namun kami sudah lebih baik. Jadi saya senang, yang penting meningkatkan performa setiap hati," ungkapnya.

Meski begitu, Marquez mengaku harus berkorban besar dengan mengubah gaya balapnya demi membuat RC213V lebih baik di area akselerasi, yakni titik terlemah Honda selama dua musim terakhir. Lima kali juara dunia ini menyatakan dirinya tak bisa memaksakan diri melaju lebih cepat saat masuk ke tikungan.

"Saya sedikit mengorbankan titik pengereman dan lebih menggunakan corner speed. Tapi ini cukup sulit, karena akselerasi kami tertinggal. Saya masih yakin ini karena setup elektronik yang belum pas, dan masalah kami di sirkuit ini jauh lebih banyak. Saya tak merasa nyaman bila harus mengubah gaya balap, tapi tak apa karena tampaknya saya hanya harus melakukannya di sini," pungkasnya. (cn/kny)