FOLLOW US:


Andrea Dovizioso Puji Ketenangan Fabio Quartararo, Bingung Lihat Duet Petronas

09-04-2021 11:45

 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso Puji Ketenangan Fabio Quartararo, Bingung Lihat Duet Petronas
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo © Yamaha

Bola.net - Tiga kali runner up MotoGP, Andrea Dovizioso, mengaku angkat topi pada rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang menurutnya sangat tenang menuju kemenangan di Seri Doha pada Minggu (4/4/2021). Dovizioso menyebut balapan itu sama sekali tak terduga, dan menyebut Quartararo paling lihai melihat situasi.

Dalam balapan itu, Quartararo memang sempat melorot ke posisi 9, ketika para rider Ducati bertarung di depan dengan duet Suzuki. Rider Prancis itu justru menjalankan manajemen ban dengan sangat baik, hingga punya cukup grip pada pertengahan balap. Alhasil, ia pun meraih kemenangan, mengulang sukses tandemnya, Maverick Vinales, yang menang di Seri Qatar sepekan sebelumnya.

"Dari luar, Anda tak bisa tahu seberapa jauh Yamaha berubah. Tapi Fabio merebut kemenangan dalam balapan yang benar-benar tak bisa diprediksi. Ia tampil sangat baik, karena melawan Ducati sangatlah sulit, terutama di trek ini, karena bagi motor lain, Ducati nyaris mustahil disalip," ujar 'Dovi' via La Gazzetta dello Sport, Kamis (8/4/2021).

1 dari 3

Vinales Kuat, Quartararo Tenang

Vinales Kuat, Quartararo Tenang
Andrea Dovizioso © Ducati

Dovizioso pun salut pada kejelian Quartararo dan Vinales melawan Ducati. "Motor-motor lain punya kecepatan lebih tinggi di tikungan, namun saat Anda di belakang Ducati, pengereman dan aksi salip jadi sulit. Kali ini, Maverick tak naik podium. Namun, keduanya tampil sangat baik karena tadinya mereka jauh tertinggal," tuturnya.

"Tapi Yamaha memang layak mendapatkan kemenangan ini, mereka sangat dekat dengan limit performa dan bekerja sangat keras. Maverick menang dengan kekuatan besar di Qatar 1, sementara Fabio tenang sampai finis," ungkap Dovizioso, yang akan menjalani uji coba dengan Aprilia di Jerez, Spanyol, pada 12-14 April nanti.

Di lain sisi, dalam wawancara yang sama, Dovizioso juga mengaku heran melihat Valentino Rossi dan Franco Morbidelli mendapat hasil yang jauh berkebalikan. Kedua rider ini sama-sama tampil buruk dalam dua balapan di Qatar, padahal Petronas Yamaha SRT biasanya tampil jauh lebih baik dari tim pabrikan Yamaha.

2 dari 3

Petronas Yamaha SRT Tampil Aneh

Petronas Yamaha SRT Tampil Aneh
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi © Petronas SRT

"Bagi saya, rasanya aneh membicarakan Petronas dan tim pabrikan. Petronasi meraih hasil baik tahun lalu, dan saya tak melihat mereka sebagai 'Tim B', jadi saya rasa hasil ini bukanlah kesalahan tim. Namun, saya juga tak bisa ngomong apa-apa soal Vale karena hanya dia tahu situasinya," ungkap Dovizioso.

"Franky juga aneh, karena sempat jadi yang tercepat selama akhir pekan, tapi lalu sulit mencari sensasi baik. Tapi tanpa menyalahkan siapa pun, saya rasa hal-hal macam ini kerap terjadi sejak ban terbaru Michelin datang. Dari sudut pandang pertunjukan memang seru, tapi saya sebagai pembalap tak melihatnya begitu," pungkasnya.

Quartararo, Vinales, Rossi, dan Morbidelli akan kembali berjumpa di lintasan dengan pembalap lainnya dalam MotoGP Portugal, yang digelar di Sirkuit Portimao, pada 16-18 April mendatang.

Sumber: La Gazzetta dello Sport

3 dari 3

Video: Ketika Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Tukar Kendaraan Balap