FOLLOW US:


Lama Bela Ducati, Andrea Dovizioso Super Penasaran pada Aprilia

09-04-2021 10:12
Lama Bela Ducati, Andrea Dovizioso Super Penasaran pada Aprilia
Andrea Dovizioso © Ducati

Bola.net - Tiga kali runner up MotoGP, Andrea Dovizioso, mengaku sudah tak sabar menantikan uji coba tertutupnya dengan Aprilia Racing di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April mendatang. Kepada podcast La Gazzetta dello Sport, seperti yang dikutip MotosanGP Kamis (8/4/2021).

Pengumuman Aprilia soal uji coba Dovizioso ini memang menggemparkan pada tengah Maret. Pasalnya, tahun lalu ia sempat menolak ajakan Aprilia untuk bergabung, baik jadi test rider maupun pembalap reguler. Dovizioso bahkan memilih vakum dari MotoGP dan beralih fokus ke motocross.

Baik Aprilia maupun Dovizioso pun menegaskan uji coba ini digelar tanpa kontrak atau komitmen apa pun, serta hanya digelar karena Aprilia ingin dapat umpan balik dan mendengar masukan dari Dovizioso soal RS-GP terbaru, yang belakangan kompetitif di tangan Aleix Espargaro.

1 dari 3

Harapkan Cuaca Bersahabat

Harapkan Cuaca Bersahabat
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro © Aprilia Racing

Seperti diketahui, Dovizioso punya pengalaman segudang. Ia bahkan sempat membela Ducati selama delapan tahun. Ia pun sangat penasaran soal perbedaan Desmosedici dan RS-GP. "Saat Anda mengendarai motor berbeda, ergonomi adalah segalanya. Jika tubuh Anda pendek seperti saya, tak mudah mencari posisi yang pas," ujarnya.

Dovizioso pun berharap tak ada halangan dalam uji coba ini. "Uji coba ini hanya akan digelar tiga hari, semoga cuacanya bersahabat. Namun, mustahil untuk tahu apa yang bisa kami lakukan. Tentu ada rasa penasaran, apalagi saya bertahun-tahun membela Ducati. Jadi, naik motor MotoGP lainnya jelas bikin penasaran," tuturnya.

Dovizioso juga memberi komentar soal kiprah Espargaro di MotoGP Qatar dan Doha. Espargaro memang diketahui sangat kuat dalam lap tunggal hingga kualifikasinya selalu apik. Manajemen bannya juga baik, namun selalu kalah dari Ducati akibat top speed yang kurang.

2 dari 3

Belum Ada Rencana Uji Coba Tambahan

Dovizioso pun memuji performa Aprilia, namun mengimbau untuk waspada saat kembali ke Eropa. "Mereka kompetitif. Aleix mampu melaju cepat. Ia menjalani dua balapan dengan baik dan cepat, tapi mereka baru balapan di Qatar, jadi Aprilia harus menilai hasilnya secara hati-hati," ungkapnya.

Lalu, jika uji coba di Jerez berjalan sukses, apakah Aprilia akan menggelar uji coba tambahan dengan Dovizioso? Lewat GPOne, Kamis (1/4/2021), CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, ogah sesumbar soal kans ini, walau yakin uji coba dengan rider sekaliber Dovizioso sudah pasti tak cukup sekali.

"Bohong kalau saya bilang satu uji coba sudah cukup. Saat ini tak ada kans uji coba tambahan, walau momen ini pasti jadi latihan yang baik untuk Dovi, karena ia bisa uji coba tanpa beban. Jika lancar, mungkin barulah kami akan memberi tekanan," gurau Rivola.

Sumber: La Gazzetta dello Sport, MotosanGP, GPOne

3 dari 3

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP