FOLLOW US:


'Dibenci' Vinales-Rossi, M1 2017 Justru Bikin Zarco Nyaman

15-11-2017 12:30
'Dibenci' Vinales-Rossi, M1 2017 Justru Bikin Zarco Nyaman
Johann Zarco © Tech 3

Bola.net - Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco lagi-lagi membuat penghuni paddock MotoGP terheran-heran. Di saat motor Yamaha YZR-M1 versi 2017 kerap dihujani keluhan dari Maverick Vinales dan Valentino Rossi, motor itu justru dinilai Zarco tak punya masalah berarti.

M1 2017 membuat Vinales dan Rossi kompetitif di kondisi kering, namun dalam kondisi basah, dua rider ini malah terpuruk karena kurang grip. Pada hari pertama uji coba pascamusim Valencia, Spanyol, Selasa (14/11), Zarco pun menjajalnya, dan mencatat waktu tercepat kedua, hanya tertinggal 0,2 detik dari Vinales yang mengendarai M1 dengan sasis 2016.

"Saya tidak kaget soal hasil ini. Saya percaya diri dengan motor baru (2017), tapi lebih baik melakukannya step by step. M1 2017 membuat saya terkesan di area pengereman. Motornya stabil dan saya langsung nyaman. Motor ini juga tak terlalu menuntut fisik seperti versi 2016. Kekuatan saya lebih 'hemat' 30%," ujarnya kepada GPOne.

Apa hasil ini membuat Yamaha makin bingung menentukan arah pengembangan? Zarco malah yakin hasilnya bakal membantu Vinales dan Rossi. "Saya rasa bukan performa saya yang jadi masalah. Malah saya rasa ini positif bagi mereka. Besok saya akan berkendara lebih dari 20 lap dan melihat bagaimana konsumsi bannya. Yang jelas, dibanding uji coba tahun lalu, kali ini saya tak terlalu lelah," tuturnya.

Banyak pihak pun menduga bahwa sasis 2017 adalah masalah utama dari Yamaha. Meski begitu, Zarco tetap yakin sasis ini justru punya potensi besar. "Mungkin ada masalah yang mendera di paruh kedua musim, tapi Mack dan Vale tetap menjalani beberapa balapan hebat. Vale sangat cepat di Aragon usai cedera. Jika motornya tak bagus, tak mungkin ia bakal sekompetitif itu," pungkasnya. (gpo/kny)