FOLLOW US:


Formula E Jakarta Ditunda Akibat Wabah Virus Corona

11-03-2020 11:15
Formula E Jakarta Ditunda Akibat Wabah Virus Corona
Formula E © Formula E

Bola.net - Formula E Jakarta, Indonesia, yang harusnya digelar pada 6 Juni 2020 nanti, akan ditunda akibat makin merebaknya virus corona (Covid-19), demikian yang dinyatakan Gubernur Anies Baswedan pada Rabu (11/3.2020).

Jakarta tadinya dijadwalkan menggelar E-Prix ke-10 di kawasan Monas, dan untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Formula E. Meski begitu, seperti yang terjadi pada berbagai ajang balap dunia, gelaran ini harus ditunda.

Menurut Antara, Anies sendiri telah resmi mengirimkan surat kepada Organizing Comittee (OC) Jakarta E-Prix terkait penundaan gelaran tersebut.

1 dari 2

Pernyataan Anies Baswedan dan Alberto Longo

"Mencermati perkembangan Covid-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," ujar Anies dalam surat bernomor 117/-1.857.73 tersebut.

Pernyataan Anies ini pun senada dengan pernyataan Co-founder Formula E, Alberto Longo, di situs resmi kejuaraan. Longo pun mengaku pihaknya bertekad melakukan tindakan preventif, meski berusaha tetap menggelar balapan sebanyak mungkin sesuai jadwal.

"Dengan semakin bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di negara-negara penyelenggara Formula E, kami mengevaluasi rencana untuk mengurangi potensi penularan virus corona sembari berusaha menggelar balapan sebanyak mungkin," tuturnya.

2 dari 2

Belum Diketahui Kapan Digelar

Meski begitu, baik Anies mau pun Longo tak mengumumkan tanggal yang bisa dijadikan alternatif pengganti E-Prix Jakarta, yang persiapannya menghabiskan dana sebesar Rp1,6 triliun tersebut.

Pada awal Februari lalu, FIA dan Formula E juga telah mengumumkan pembatalan E-Prix Sanya, China, yang harusnya digelar pada 21 Maret.

Pada Jumat (6/3/2020) lalu, FIA dan Formula E juga mengumumkan pembatalan gelaran E-Prix Roma, Italia, yang harusnya digelar pada 4 April.