FOLLOW US:


Hayden Tiada, Honda WorldSBK Tetap Balapan di Inggris

24-05-2017 13:15
Hayden Tiada, Honda WorldSBK Tetap Balapan di Inggris
Nicky Hayden © Honda

Bola.net - Menyusul meninggalnya juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, Red Bull Honda WorldSBK yang menaunginya selama dua musim terakhir memutuskan untuk tetap turun balapan di WorldSBK Inggris yang digelar di Sirkuit Donington Park pada 26-27 Mei, demikian menurut rilis resmi tim.

Hayden diketahui tertabrak mobil saat berlatih sepeda di Rimini, Italia pada Rabu (17/5). Akibat kecelakaan ini, rider Amerika Serikat tersebut mengalami cedera parah pada dada dan kerusakan serius pada otak. Hayden pun dinyatakan meninggal dunia oleh Maurizio Bufalini di Cesena pada hari Senin (22/5).

Honda WorldSBK tampaknya tak menggaet rider pengganti untuk Hayden di Donington Park akhir pekan nanti, dan hanya akan menurunkan sang tandem yang juga juara dunia Moto2 2011 sekaligus eks rider MotoGP, Stefan Bradl di atas Honda CBR1000RR Fireblade SP2.

Nicky Hayden (c) Honda
Pernyataan Manajer Operasional Honda Motor Europe, Marco Chini:

Rasanya tak bisa dipercaya Nicky tak lagi bersama kami. Nicky bukan hanya pembalap luar biasa, tapi juga panutan yang sangat baik soal etos kerja dan profesionalitas dalam olahraga. The Kentucky Kid dengan sempurna merepresentasikan nilai sportivitas dan dunia balap Amerika Serikat. Begitu besarnya perhatian dan dukungan komunitas olahraga secara umum telah menunjukkan bahwa Nicky memiliki persona yang begitu baik dan gairahnya pada dunia motor telah memberikan kesan baik di hati penggemar dan pekerja motorsport di seluruh dunia.

Sangat disayangkan kami hanya bekerja sama selama 18 bulan, tapi kami memiliki banyak kenangan manis selama periode ini. Melihat Nicky kembali meraih kemenangan di Sepang tahun lalu sangatlah istimewa, begitu juga podium yang ia raih di Laguna Seca, yakni momen membanggakan mengingat Nicky selalu sangat termotivasi membalap di hadapan penggemar seri kandangnya.

Terima kasih atas segalanya, Nicky. Kami akan selalu mengingatmu, dan kau akan sangat kami rindukan.

Pernyataan Manajer Tim Red Bull Honda WorldSBK, Ronald Ten Kate:

Peristiwa ini sangat menghantam saya, tim kami dan paddock World Superbike, dan sejatinya juga bagi dunia balap secara keseluruhan. Kami hanya bekerja selama satu setengah tahun bersama Nicky, namun kami mendapat kesempatan mengenalnya seperti yang dikatakan semua timnya di masa lalu, yakni ia sangat fanatik pada motor, pekerja keras, karismatik, dan yang paling utama, jujur dan baik hati. Dia adalah Nicky!

Ia akan sangat kami semua rindukan dan saya berharap ia akan menjadi panutan yang baik bagi seluruh pembalap muda yang mencoba meraih puncak seperti yang Nicky lakukan. Kami berharap Keluarga Hayden dan tunangannya, Jackie mendapat semua kekuatan yang mereka butuhkan. Istirahat dalam damai, Nicky Hayden.