FOLLOW US:


'Jadi Test Rider Aprilia Bakal Sulit untuk Max Biaggi'

16-01-2020 12:50

 | Anindhya Danartikanya

'Jadi Test Rider Aprilia Bakal Sulit untuk Max Biaggi'
Max Biaggi © Aprilia Racing

Bola.net - Manajer Aprilia Racing Team Gresini, Fausto Gresini, mengaku ragu Max Biaggi akan jadi opsi yang tepat untuk menjadi test rider baru timnya di MotoGP, dan lebih yakin Lorenzo Savadori adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini ia sampaikan kepada GPOne.

Saat ini, Andrea Iannone terancam dilarang balapan selama empat tahun, usai kedua sampel urinnya terbukti mengandung steroid drostanolone. Meski sedang naik banding ke Pengadilan FIM, ia juga berpeluang absen dari uji coba pramusim di Malaysia, 2-4 dan 7-9 Februari nanti.

Jika benar-benar terjadi, maka test rider Aprilia saat ini, Bradley Smith akan menggantikannya. "Bradley akan mengambil alih posisinya, tapi ia bakal kesulitan jika harus menjalani semua uji coba sendirian. Jadi kami butuh bantuan," tutur Gresini.

1 dari 2

Tak Sepakat Soal Max Biaggi

Manajer Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, telah menyebut nama Biaggi dan Savadori sebagai calon test rider baru Aprilia yang bisa membantu Smith di Sepang nanti. Meski begitu, Gresini tak sepakat soal Biaggi. Walau yakin The Roman Emperor masih cepat, Gresini ragu ia masih di level yang sama dengan rider MotoGP lainnya.

"Bakal menyenangkan melihat Max di atas motor Aprilia, tapi ini bakal jadi tugas berat baginya. Kecepatan dan pengalamannya sudah tak diragukan lagi, tapi berkendara untuk bersenang-senang sangatlah berbeda dengan peran menjalani uji coba penting seperti ini," ungkapnya.

Gresini pun meyakini bahwa Savadori adalah opsi yang lebih masuk akal. Rider berusia 26 tahun itu terbukti mampu melaju cepat baik di WorldSBK, MotoE, maupun CIV Superbike. Selain itu, Savadori juga sudah lama bernaung di Aprilia.

2 dari 2

Savadori Kenal Semua Kru Aprilia

"Menurut saya, opsi terbaik adalah Lorenzo Savadori. Ia pebalap yang muda dan ingin tampil baik, serta ingin terlibat. Ia punya pengalaman di WorldSBK, dan mengenal semua orang di tim kami. Jadi menjadikannya test rider bakal lebih mudah untuk semua orang," ujar Gresini.

Pria asal Italia ini juga mengaku tak mau kelewat bermimpi Aprilia bisa menggaet Jorge Lorenzo. "Saya tak melihat nama lain. Saya dengar nama Jorge Lorenzo di mana-mana, dan saya berkata, 'Andai saja!' tapi saya ragu itu akan terjadi," pungkasnya.