FOLLOW US:


Jonathan Rea Tak Senang Harus Pakai #65 Lagi di WorldSBK 2022

23-11-2021 12:27

 | Anindhya Danartikanya

Jonathan Rea Tak Senang Harus Pakai #65 Lagi di WorldSBK 2022
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea © Kawasaki Racing

Bola.net - Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, tak senang harus kembali memakai nomor balap 65 di WorldSBK 2022. Ia harus rela melepas nomor balap 1 usai kalah dalam perebutan gelar dunia 2021 dengan rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu. Hal ini disampaikan Rea via WorldSBK.com, Senin (22/11/2021).

Seperti yang diketahui, Rea meraih enam gelar beruntun sejak 2015. Razgatlioglu pun mematahkan dominasinya itu dengan mengunci gelar 2021 usai finis kedua dalam Race 1 WorldSBK Mandalika, Minggu (21/11/2021), di mana Rea merebut kemenangan. Razgatlioglu kini menjadi juara Yamaha pertama sejak Ben Spies pada 2009.

Persaingan antara Razgatlioglu dan Rea memang sengit sejak awal musim, terbukti dari fakta bahwa mereka hanya terpisah 13 poin di klasemen. Tak hanya itu, jumlah podium dan kemenangan mereka cukup dekat. Razgatlioglu punya 29 podium dan 13 kemenangan, sementara Rea punya 30 podium dan 13 kemenangan.

1 dari 2

Janji Kembali Lebih Kuat pada 2022

Janji Kembali Lebih Kuat pada 2022
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea © Kawasaki Racing

"Kami memenangi begitu banyak balapan, namun sangat kesulitan dalam banyak balapan pula, dan saya kerap melakukan kesalahan. Perbedaan terbesarnya sekarang adalah kini referensi saya berbeda. Dulu, referensi saya satu-satunya adalah diri saya sendiri, dan secara bertahap kami harus coba memperbaiki diri," tutur Rea.

Di lain sisi, Rea mengakui kekuatan Razgatlioglu dan Yamaha. Menurutnya, mereka kini menjadi patokan utama Kawasaki dalam meningkatkan performa Ninja ZX10-RR. Rider berusia 34 tahun itu meyakini bahwa kekalahan ini juga 'angin segar' baginya dan Kawasaki demi mencari motivasi baru untuk menjuarai WorldSBK 2022.

"Kini Toprak dan Yamaha adalah referensi utama, juga Ducati atas kecepatannya di trek lurus. Ini menyediakan patokan baru bagi kami untuk memperbaiki paket motor. Saya juga harus memperbaiki diri sebagai pembalap, dan itulah fokus satu-satunya pada masa libur: terus meningkatkan diri dan kembali pada 2022 jauh lebih kuat," ujarnya.

2 dari 2

Pengakuan untuk Toprak Razgatlioglu

Pengakuan untuk Toprak Razgatlioglu
Jonathan Rea kembali memakai nomor 65 usai WorldSBK Mandalika 2021. © Kawasaki Racing

Di Mandalika, Rea juga memenangi Race 2, di mana Razgatlioglu finis keempat. Pada selebrasinya, rider Irlandia Utara ini mengganti nomor balap 1 menjadi 65 di bagian depan motornya. Meski kecewa, Rea menyatakan selebrasi itu ia lakukan sebagai pengakuan atas kejayaan Razgatlioglu yang juga kawan baiknya.

"Saya tak senang harus pakai #65 lagi karena ini berarti saya kehilangan gelar dunia. Namun, ini juga memberi saya sensasi yang baik dari momen saya bergabung dengan Kawasaki. Momen itu mengubah hidup saya," ungkap Rea, yang sudah tak pakai nomor #65 sejak 2015.

"Jadi, ini mengembalikan kenangan saat saya meraih gelar dunia pertama. Saya pun akan bekerja sekeras mungkin. Semoga nomor ini hanya sementara karena pakai #1 terasa istimewa. Fokus saya adalah mencoba merebut nomor itu kembali, namun tahun depan #65 akan jadi nomor saya," pungkas bapak dua anak ini.

Sumber: WorldSBK