FOLLOW US:


Kenan Sofuoglu: Saya Ingin Bikin Toprak Razgatlioglu Lebih Hebat dari Saya

22-11-2021 16:20

 | Anindhya Danartikanya

Kenan Sofuoglu: Saya Ingin Bikin Toprak Razgatlioglu Lebih Hebat dari Saya
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu © Yamaha Racing

Bola.net - Lima kali juara WorldSSP, Kenan Sofuoglu, emosional menyaksikan anak didiknya, Toprak Razgatlioglu, mengunci gelar WorldSBK 2021 usai finis kedua dalam Race 1 Seri Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). Lewat Speedweek, Sofuoglu mengaku merasa kerja kerasnya membantu El Turco terbayar tuntas.

Sofuoglu yang selama ini dikenal sebagai legenda balap motor Turki, menaungi Razgatlioglu sejak 2014, saat rider Pata Yamaha WorldSBK itu masih turun di Red Bull Rookies Cup. Usai gagal sukses di ajang junior itu, Razgatlioglu disarankan Sofuouglu untuk banting setir ke ajang supersport 600cc.

Sofuoglu yakin, dengan motor-motor dengan mesin berkapasitas lebih besar, Razgatlioglu bisa mengeluarkan potensinya. Benar saja, dalam hitungan tahun, tahu-tahu ia dapat kesempatan turun di WorldSBK pada 2018, membela Kawasaki Puccetti.

1 dari 2

Percaya Sejak Hari Pertama

Can Oncu, Kenan Sofuoglu, dan Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Can Oncu, Kenan Sofuoglu, dan Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

"Pada 2018, saya mengunggah foto (di Instagram) sebelum Toprak menjalani balapan pertamanya di WorldSBK. Kala itu saya tulis, 'Inilah juara dunia asal Turki selanjutnya'. Saya percaya padanya sejak hari pertama, sejak saya turunkan ia di ajang European Superstock 600 untuk pertama kali pada 2014," kisah Sofuoglu.

Sofuoglu yang kini banting setir jadi politisi ini mengaku bahwa Razgatlioglu memang sangat butuhkan oleh masyarakat Turki. "Saya tahu ia juara dunia masa depan. Saya ingin membuatnya lebih hebat dari saya. Saya memang merebut gelar WorldSSP untuk Turki, tapi Turki butuh juara WorldSBK, dan ia adalah Toprak," tuturnya.

2 dari 2

Kendarai Motor 1000cc Sedini Mungkin

Kendarai Motor 1000cc Sedini Mungkin
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu © Yamaha Racing

Usai jadi juara European Superstock 600 2015, Razgatlioglu pun diletakkan Sofuouglu di FIM Superstock 1000 dan akhirnya menjadi juara pada 2017. Prestasi itulah yang membuatnya dapat kans turun di WorldSBK pada 2018. Menurut Sofuoglu, balapan dengan motor 1000cc begitu dini jitu untuk mengasah talenta ridernya.

"Saya menyuruhnya mengendarai motor 1000cc sedini mungkin, dan Manuel Puccetti memberinya kesempatan. Ia telah melakukan banyak hal agar Toprak bisa menjadi yang sekarang. Toprak adalah orang yang sangat kalem, dengan kaki selalu memijak bumi. Ia tidak heboh dan juga sangat ramah. Ia rider yang sangat kuat," ungkapnya.

"Saya beruntung bisa bekerja dengannya. Apa pun yang kami bicarakan, bisa ia implementasikan di trek. Saat menonton balapannya, saya berpikir, inilah saatnya. Ia rider yang sangat bertalenta dan kuat. Ia punya banyak waktu di depan untuk jadi rider top. Ia merebut gelar WorldSBK pada tahun keempatnya," tutup Sofuoglu.

Sumber: Speedweek