FOLLOW US:


Para Pabrikan MotoGP Umumkan 3 Trek Pilihan untuk Uji Coba Tertutup 2022

23-11-2021 10:10

 | Anindhya Danartikanya

Para Pabrikan MotoGP Umumkan 3 Trek Pilihan untuk Uji Coba Tertutup 2022
Pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia © AP Photo

Bola.net - Usai menjalani uji coba pascamusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 18-19 November 2021 lalu, para peserta MotoGP kini menjalani liburan musim dingin, meski insinyur dan para teknisi tiap pabrikan akan tetap bekerja di markas demi mengembangkan motor anyar.

Seluruh tim dan pembalap pun baru akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 31 Januari-2 Februari (shakedown) dan 5-6 Februari 2022.

Uji coba pramusim selanjutnya akan digelar di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari 2022, sebelum seluruh peserta bertolak ke Sirkuit Losail, Qatar, untuk menjalani seri pembuka musim 2022 pada 4-6 Maret.

1 dari 2

Pabrikan Non-konsesi vs Konsesi

Pabrikan Non-konsesi vs Konsesi
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Maverick Vinales © Aprilia Racing

Selain uji coba pramusim di Sepang dan Mandalika, para pabrikan tetap akan mendapatkan kesempatan untuk menjalani uji coba tertutup ketika musim berlangsung di trek pilihan masing-masing.

Pabrikan non-konsesi seperti Yamaha, Ducati, Honda, KTM, dan Suzuki boleh menurunkan test rider di seluruh uji coba yang mereka gelar, namun hanya boleh menurunkan sang pembalap reguler selama lima hari.

Sementara itu, sang pabrikan berkonsesi, yakni Aprilia, boleh menggelar uji coba di mana saja dan kapan saja tanpa batasan jumlah. Mereka juga boleh menurunkan test rider sekaligus pembalap reguler di tiap uji coba.

2 dari 2

Masing-Masing Pabrikan Pilih 3 Trek

Meski para pabrikan ini belum menentukan tanggal uji coba tertutup, Jerez menjadi pilihan mereka semua untuk turun lintasan. Para pabrikan Jepang, kompak bakal menggelar uji coba lain di sirkuit kandang mereka sendiri Twin Ring Motegi, sementara KTM di Red Bull Ring dan Ducati di Mugello.

Berikut sirkuit-sirkuit pilihan para pabrikan MotoGP untuk menggelar uji coba tertutup pada pertengahan musim 2022:

  • KTM: Red Bull Ring, Jerez, MotorLand Aragon
  • Ducati: Mugello, Jerez, Misano
  • Honda: Twin Ring Motegi, Jerez, Misano
  • Suzuki: Twin Ring Motegi, Jerez, MotorLand Aragon
  • Yamaha: Twin Ring Motegi, Jerez, MotorLand Aragon
  • Aprilia: boleh menggelar tes di sirkuit mana pun

Sumber: MotoGP