FOLLOW US:


Match Point: Max Verstappen Bisa Kunci Gelar Formula 1 2021 di Arab Saudi Jika...

23-11-2021 08:38

 | Anindhya Danartikanya

Match Point: Max Verstappen Bisa Kunci Gelar Formula 1 2021 di Arab Saudi Jika...
Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen © AP Photo

Bola.net - Ketika MotoGP dan WorldSBK sudah merampungkan musim balap 2021 sekaligus menentukan gelar dunia, kini mata penggemar motorsport dunia fokus pada perebutan mahkota juara di Formula 1, yakni kejuaraan balap mobil terakbar di dunia.

F1 2021 sendiri tinggal menyisakan dua seri, yakni Seri Arab Saudi yang digelar di Sirkuit Jeddah pada 3-5 Desember dan Seri Abu Dhabi yang digelar di Sirkuit Yas Marina pada 10-12 Desember mendatang.

Saat ini, puncak klasemen sementara pembalap ditempati oleh pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, dengan 351,5 poin. Pembalap Belanda ini hanya unggul 8 poin atas pembalap Mercedes AMG Petronas sekaligus sang tujuh kali juara dunia, Lewis Hamilton.

1 dari 2

Verstappen Bisa Gulingkan Dominasi Mercedes

Verstappen Bisa Gulingkan Dominasi Mercedes
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton © AP Photo

Sejauh ini, Verstappen telah mengoleksi 16 podium, yang sembilan di antaranya merupakan kemenangan. Di lain sisi, Hamilton mengoleksi 15 podium, yang tujuh di antaranya merupakan kemenangan.

Perebutan gelar di antara keduanya sangat sengit sejak awal musim, dan dalam Seri Arab Saudi nanti, match point perdana akan terjadi. Artinya, Verstappen akan mendapatkan kans perdana untuk mengunci gelar.

Jika Verstappen berhasil mengunci gelar, maka ia akan jadi pembalap Belanda pertama yang menjuarai F1. Ia juga akan jadi juara Red Bull Racing pertama sejak Sebastian Vettel pada 2013, menggulingkan dominasi Mercedes.

2 dari 2

4 Skenario Max Verstappen Kunci Gelar di Jeddah

4 Skenario Max Verstappen Kunci Gelar di Jeddah
Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen © AP Photo

Berikut empat skenario yang harus dilakoni Verstappen jika ingin mengunci gelar dunia di Jeddah:

  • menang dan mencetak lap tercepat, sementara Hamilton finis keenam atau lebih buruk.
  • menang, sementara Hamilton finis ketujuh atau lebih buruk.
  • finis kedua dan mencetak lap tercepat, sementara Hamilton finis ke-10 atau lebih buruk.
  • finis kedua, sementara Hamilton tak meraih poin.

Namun, tak hanya perebutan gelar dunia pembalap yang sengit di F1 musim ini. Perebutan gelar konstruktor yang terjadi di antara Mercedes dan Red Bull Racing Honda juga tak kalah menegangkan.

Saat ini, Mercedes memuncaki klasemen dengan 546,5 poin, hanya unggul 5 poin dari Red Bull Racing Honda. Alhasil, perebutan gelar dunia konstruktor pun dipastikan bakal sangat sengit sampai Seri Abu Dhabi.

Sumber: Formula 1