FOLLOW US:


Toprak Razgatlioglu: Ke MotoGP? Saya Tak Suka Paddock Selain WorldSBK!

22-11-2021 15:15

 | Anindhya Danartikanya

Toprak Razgatlioglu: Ke MotoGP? Saya Tak Suka Paddock Selain WorldSBK!
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu © Yamaha Racing

Bola.net - Rider Pata Yamaha WorldSBK sekaligus juara WorldSBK 2021, Toprak Razgatlioglu, sekali lagi menegaskan tak terlalu berminat pindah ke MotoGP. Lewat GPOne pada Minggu (21/11/2021), pembalap Turki ini mengaku lebih suka atmosfer paddock WorldSBK ketimbang paddock MotoGP yang sudah ia kecap pada 2013 dan 2014.

Sebagai catatan, pada 2013 dan 2014, Razgatlioglu berlaga di ajang Red Bull Rookies Cup, yang kebanyakan seri balapnya digelar berbarengan dengan MotoGP. Rider berusia 26 tahun ini mengakui bahwa paddock MotoGP masa kini lebih 'hidup' karena persaingan yang lebih ketat, namun menyebut WorldSBK lebih rileks.

Ia juga sempat mengunjungi MotoGP di Red Bull Ring, Austria, pada Agustus lalu demi bertemu Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis. Ia pun blak-blakan mengaku stres. "Sekadar berkunjung ke MotoGP begini saja saya sudah stres karena banyak orang dan truk tim. Benar-benar seperti kota," ungkapnya via WorldSBK.com kala itu.

1 dari 2

Sudah Cicipi Paddock MotoGP Lewat Rookies Cup

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) AP Photo
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) AP Photo

Meski sudah dirayu Jarvis, Razgatlioglu ternyata belum mengubah opininya soal MotoGP. Usai mengunci gelar dunia di Mandalika, Indonesia, El Turco malah gamblang menyebut dirinya tak menyukai paddock MotoGP. Tampaknya, pengalamannya di Rookies Cup cukup menghantui sampai-sampai ia tak mau kembali.

"Seperti yang sudah saya bilang beberapa kali. Saya suka paddock ini. Paddock ini semacam keluarga kedua saya, karena banyak orang yang saya kenal dan kami punya hubungan baik. Saya tak suka paddock yang satu lagi, mengingat saya tahu rasanya ketika di Rookies Cup. Pada akhirnya, kita lihat nanti saja masa depan saya," ujarnya.

Di lain sisi, Razgatlioglu sangat mensyukuri dukungan Yamaha selama dua tahun belakangan. Ia merasa senang dapat kepercayaan besar demi menggulingkan dominasi Jonathan Rea yang sudah berlangsung sejak 2015. Kini, ia pun menjadi juara dunia Yamaha pertama sejak Ben Spies pada 2009 lalu.

2 dari 2

Lin Jarvis Ingin Toprak Razgatlioglu Pindah ke MotoGP 2023

Lin Jarvis Ingin Toprak Razgatlioglu Pindah ke MotoGP 2023
Toprak Razgatlioglu dan Lin Jarvis © Yamaha MotoGP

"Saya sangat bahagia, karena Yamaha menaruh rasa percaya kepada saya, begitu pula sebaliknya. Mereka membuat saya bisa mewujudkan impian ini menjadi nyata. Saya sangat tulus berterima kasih kepada mereka, karena mereka memberi saya dukungan besar dan meletakkan saya di posisi terbaik demi memperebutkan gelar," tuturnya.

Pada September lalu, lewat Speedweek, Jarvis mengaku senang melihat Razgatlioglu kini menjadi rider yang benar-benar mengancam dominasi Rea dan Kawasaki. Ia berharap performa Razgatlioglu yang mentereng juga terulang pada 2022, hingga Razgatlioglu bisa pindah ke MotoGP pada 2023.

"Kini Toprak di papan atas. Memperebutkan gelar jelas bukan tugas mudah. Jadi, ia jelas akan bertahan di WorldSBK 2022. Namun, jika ia menjuarai musim 2021 dan kembali tampil baik tahun depan, mengapa ia tak pindah saja ke MotoGP? Kita tahu ia bakal tampil sangat baik di MotoGP. Ia rider yang sangat bertalenta," tutur Jarvis.

Sumber: GPOne, Speedweek