FOLLOW US:


Jorge Lorenzo dan Yamaha Gelar Uji Coba di Motegi

15-02-2020 12:55

 | Anindhya Danartikanya

Jorge Lorenzo dan Yamaha Gelar Uji Coba di Motegi
Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo © MotoGP.com

Bola.net - Crew chief Jorge Lorenzo di tim uji coba Yamaha MotoGP, Silvano Galbusera, menyatakan bahwa test rider-nya tersebut akan kembali turun lintasan dalam uji coba tertutup di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, pada April mendatang. Hal ini ia sampaikan kepada Speedweek.

Lorenzo baru menjabat sebagai test rider Yamaha pada akhir Januari, namun langsung bertugas pada hari ketiga uji coba shakedown dan uji coba pramusim Sepang, Malaysia, pada 4 dan 9 Februari lalu, meski baru sekadar mengendarai YZR-M1 versi 2019.

Lima kali juara dunia itu takkan turun dalam uji coba pramusim kedua di Losail, Qatar, pada 22-24 Februari mendatang, namun akan kembali bertugas pada bulan April. Di sana, Lorenzo diperkirakan akan menjajal YZR-M1 versi 2020 untuk pertama kalinya.

1 dari 2

Dari Jerez ke Motegi

Dari Jerez ke Motegi
Jorge Lorenzo dan Silvano Galbusera © MotoGP

Galbusera, yang merupakan crew chief Valentino Rossi pada 2014-2019, mengaku timnya sempat berencana berbagi trek dengan tim uji coba Honda untuk di Jerez, Spanyol, namun Honda membatalkan sesi tersebut. Alhasil, program ini dipindahkan ke Motegi, yang kebetulan juga trek milik Honda.

"Tadinya kami ingin uji coba dengan Jorge di Jerez pada pekan pertama April, tapi Honda membatalkan uji coba ini. Berkendara di sana sendirian tanpa abrasi karet ban di trek tak ada gunanya. Atas alasan ini kami akan menjalani uji coba selanjutnya pada April di Jepang," ujar Galbusera.

2 dari 2

Akan Intensif Uji Coba di Eropa

Pria asal Italia ini juga menegaskan bahwa Lorenzo akan turun dalam uji coba pascabalap di Jerez pada 4 Mei. Catalunya pada 8 Juni, serta uji coba di KymiRing, yakni sirkuit baru Finlandia, pada 15-16 Juni. Ada pun uji coba di Misano pada 15-16 September nanti.

"Setelah dari Jepang, kami akan kembali ke Eropa. Uji coba selanjutnya adalah Jerez dan Catalunya, begitu juga KymiRing. Kami juga akan ikut uji coba resmi MotoGP lainnya, termasuk Misano pada Agustus (September)," pungkas Galbusera.

Daftar uji coba resmi yang diikuti Jorge Lorenzo selama 2020 (belum termasuk uji coba tertutup):

  • 4 Februari: Sepang, Malaysia - uji coba shakedown
  • 9 Februari: Sepang, Malaysia - uji coba pramusim
  • 4 Mei: Jerez, Spanyol - uji coba pascabalap
  • 8 Juni: Catalunya, Spanyol - uji coba pascabalap
  • 15-16 Juni: KymiRing, Finlandia - uji coba prabalap
  • 15-16 September: Misano, San Marino - uji coba pascabalap