FOLLOW US:


Marc Marquez Tes Mata saat Natal, Honda: Yang Penting Sabar Dulu

22-11-2021 12:50

 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez Tes Mata saat Natal, Honda: Yang Penting Sabar Dulu
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © Honda Racing Corporation

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan belum ada progres signifikan dari pemulihan cedera diplopia atau penglihatan ganda mata kanan Marc Marquez. Namun, lewat MotoGP.com pada Jumat (19/11/2021), Puig menyebut Marquez akan kembali menjalani tes medis menjelang Hari Natal nanti.

Seperti yang diketahui, pada 9 November lalu, Honda mengumumkan bahwa Marquez mengalami cedera diplopia usai gegar otak ringan akibat kecelakaan off-road pada 30 Oktober. Usai beberapa hari istirahat pasca insiden tersebut, Marquez tak kunjung merasa baikan.

Pemeriksaan dengan dokter menunjukkan bawa saraf keempat mata kanannya mengalami kelumpuhan. Cedera ini pun sama persis seperti yang ia alami pada akhir musim Moto2 2011, yakni cedera yang membuatnya kehilangan gelar dunia saat bertarung dengan Stefan Bradl.

1 dari 2

Marc Marquez Harus Tenang

Cedera ini pun membuat Marquez harus absen dari Seri Algarve dan Valencia, ketika ia mulai kompetitif usai cedera lengan berkepanjangan. Ia juga harus menepi dari uji coba pascamusim di Jerez pada 18-19 November 2021 dan kembali absen dalam tugasnya memimpin pengembangan motor RC213V.

"Yang terpenting adalah kondisinya. Kurang lebih ia masih sama seperti yang kami jelaskan (di Portimao dan Valencia). Ia butuh waktu untuk istirahat, untuk pulih, dan melihat apakah area di sekitar matanya sudah tak lagi bengkak, dan ia harus tenang. Setelahnya kita lihat nanti," ungkap Puig.

2 dari 2

Butuh Istirahat dan Sabar

Butuh Istirahat dan Sabar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez © AP Photo

Saat cedera pada 2011 lalu, Marquez harus menjalani operasi mata sebulan setelah kecelakaan. Namun, Puig belum bisa memastikan apakah langkah yang sama akan dilakukan kali ini. Eks pembalap GP500 itu hanya menyebut bahwa Marquez akan menjalani pemeriksaan medis lagi pada Natal sebelum ambil keputusan apa pun.

"Sekitar Natal, kami akan kembali memeriksakannya ke dokter dan kita akan lihat situasinya. Setelahnya, mungkin kami akan ambil keputusan soal segala kemungkinan. Tentu ia tidak senang absen di sini (uji coba Jerez). Tapi pada saat yang sama, ia paham yang ia butuhkan saat ini adalah istirahat dan bersabar. Inilah situasinya," tutupnya.

Para pembalap MotoGP akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari dan Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari.

Sumber: MotoGP