FOLLOW US:


'Kompak' Lupakan Cedera, Marquez-Lorenzo Optimistis di Qatar

08-03-2019 10:50
'Kompak' Lupakan Cedera, Marquez-Lorenzo Optimistis di Qatar
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo © HRC

Bola.net - Duet pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo mengaku optimistis menghadapi pekan balap MotoGP Qatar di Sirkuti Losail akhir pekan ini, mengingat kondisi fisik mereka makin membaik usai didera cedera berkepanjangan. Hal ini mereka sampaikan dalam sesi jumpa pers pada Kamis (7/3).

Marquez diketahui mengalami cedera dislokasi bahu sejak kecelakaan di Silverstone, Inggris pada 2014, namun tak pernah mendapatkan perawatan medis yang layak. Saat menyadari cedera ini semakin memburuk dan tulang bahunya semakin lepas dari persendian, ia memutuskan menjalani operasi pada awal Desember lalu.

Di sisi lain, Lorenzo yang pada akhir tahun lalu dirundung cedera kaki kanan dan pergelangan tangan kiri, malah didera patah tulang scaphoid, yang uniknya juga terjadi di pergelangan tangan kiri. Cedera ini ia dapat usai terjatuh saat berlatih dirt track di Italia pada pertengahan Januari, hingga harus absen dalam uji coba pramusim Malaysia.

1 dari 2

Nyaris 100%, Fokus Jelang Balap

Marquez pun mengaku sudah nyaris pulih dari cederanya, usai menjalani rehabilitasi dan fisioterapi yang sangat intensif. Saking intensifnya, kondisinya yang cukup lemah saat menjalani uji coba di Malaysia, mengalami peningkatan pesat di uji coba Qatar hanya dua pekan setelahnya. Kini, pekan balap pertama musim ini sudah ada di hadapan mata, dan ia pun siap bertarung seperti sediakala.

"Saya senang karena sudah melupakan cedera, dan saya fokus pada pekan balap. Saya mendekati 100%, jadi ini sangat positif. Pramusim kali ini cukup aneh bagi Repsol Honda, tapi saya puas atas ritme balap yang kami dapat dan bagaimana perasaan saya di atas motor. Jadi saya siap secara fisik, dan soal motor, kami masih punya margin untuk perbaikan, tapi ini baru balapan pertama, masih ada 18 lagi," ujarnya seperti yang dilansir Crash.net.

2 dari 2

Masih Butuh Sebulan

Lorenzo sendiri tak menutup-nutupi bahwa kondisi fisiknya masih jauh dari ideal dan takkan maksimal dalam menjalani pekan balap di Qatar. Meski begitu, ia mengaku terus mengalami peningkatan pada kondisi pergelangan tangan kirinya, dan Honda akan menyediakan beberapa perangkat baru untuk mempermudah usahanya tampil baik akhir pekan nanti.

"Saya kurang beruntung, selama enam bulan terakhir, saya tak pernah 100%. Kini saya sudah mendekati, tapi masih butuh sebulan lagi. Sungguh disayangkan saya tak bisa uji coba di Sepang, dan masih cedera saat di uji coba Qatar. Tapi saya sudah merasa baikan dalam mengendarai motor. Selain itu, Honda punya beberapa modifikasi demi membuat 'hidup' saya lebih mudah. Jadi saya berharap bisa lebih kuat ketimbang 10 hari lalu," pungkas Por Fuera.