FOLLOW US:


KTM Kantongi Tiga Nama Kandidat Pengganti Johann Zarco

13-08-2019 13:30
KTM Kantongi Tiga Nama Kandidat Pengganti Johann Zarco
Pebalap Red Bull KTM, Johann Zarco © KTM/Gold and Goose

Bola.net - Usai perpisahan dengan Johann Zarco di MotoGP akhir musim ini resmi diumumkan pada Senin (12/8/2019), kini KTM harus putar otak untuk mencari penggantinya tahun depan. Menurut Tutto Motori, pabrikan asal Austria tersebut telah mengantongi tiga nama kandidat pebalap baru Red Bull KTM Factory Racing.

Miguel Oliveira yang masih berstatus debutan dan tengah membela Red Bull KTM Tech 3, sempat diduga akan ditransfer ke tim pabrikan. Kabar ini mencuat pada Minggu (11/8/2019), yakni saat rumor hengkangnya Zarco mulai beredar. Apalagi Oliveira sukses finis di posisi 8 dalam balapan di Red Bull Ring, Austria.

Meski begitu, pimpinan Tech 3, Herve Poncharal telah membantah rumor ini. "Hari ini (Minggu) KTM telah berjanji kepada saya bahwa Miguel akan bertahan di Tech 3 pada 2020," ungkap pria yang sempat menaungi Zarco di Monster Yamaha Tech 3 pada 2017 dan 2018 ini.

KTM sejatinya punya dua test rider berpengalaman, yakni Mika Kallio dan Dani Pedrosa. Meski begitu, KTM ingin Kallio fokus pada perannya dalam mengembangkan RC16 di luar balapan, sementara Pedrosa mentah-mentah menolak kembali balapan usai pensiun dari MotoGP akhir musim lalu.

1 dari 2

Jack Miller dengan Segala Opsinya

Jack Miller dengan Segala Opsinya
Pebalap Pramac Racing, Jack Miller © Pramac Racing

Di lain sisi, posisi Jack Miller baru-baru ini terancam oleh Jorge Lorenzo, yang ingin kembali ke Ducati lewat Pramac Racing. Meski Lorenzo dikabarkan akhirnya memutuskan untuk bertahan di Repsol Honda, sampai kini Miller juga belum mendapatkan perpanjangan kontrak baik dari Pramac maupun Ducati.

Uniknya, manajer pribadi Miller, yang juga bos Red Bull KTM Ajo Moto3 dan Moto2, Aki Ajo mengaku KTM bisa jadi rencana cadangan rider Australia tersebut. "Jika Jack tak lagi diinginkan di Ducati, saya punya solusi cadangan di MotoGP. Saya sudah bicara dengan Stefan Pierer (CEO KTM) dan Pit Beirer (Direktur Motorsport KTM)," ujar Ajo via Speedweek.

"Jack belum tanda tangan kontrak, jadi kita lihat saja nanti apa yang akan terjadi. Ia punya dua opsi. Saya tak bisa membeberkan lebih jauh. Saya punya rencana pengganti untuk Jack jika opsinya dengan Pramac-Ducati tak terwujud. Kami sudah siap," lanjut Ajo, meski Miller juga diisukan bisa pindah ke Repsol Honda untuk bertukar tim dengan Lorenzo.

2 dari 2

Alex Marquez dan Remy Gardner

Alex Marquez dan Remy Gardner
Alex Marquez dan Remy Gardner © AP Photo

KTM punya dua nama kandidat lain yang saat ini sama-sama masih turun di Moto2, yakni Alex Marquez (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) dan Remy Gardner (Onexox TKKR SAG Team). Saat ini Marquez, yang merupakan juara dunia Moto3 2014, tengah memimpin klasemen pebalap dengan koleksi lima kemenangan.

Gardner, yang merupakan anak juara dunia GP500 1987, Wayne Gardner, memang belum tampil konsisten. Meski begitu, rider Australia berusia 21 tahun ini diketahui lebih cocok mengendarai motor-motor berkapasitas mesin besar dan kerap bertarung di papan atas musim ini.

Jadi, siapakah yang akan dipilih KTM sebagai pengganti Zarco di MotoGP 2020? Kita tunggu perkembangannya ya, Bolaneters!

Sumber: Tutto Motori/Speedweek