FOLLOW US:


KTM Ogah Aerodinamika MotoGP Jadi Sekrusial Formula 1

20-02-2019 11:35
KTM Ogah Aerodinamika MotoGP Jadi Sekrusial Formula 1
Pol Espargaro © KTM

Bola.net - Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner cemas melihat perkembangan sektor aerodinamika di MotoGP. Menurutnya, hadirnya winglet maupun wing fairing selama beberapa tahun terakhir tak memberi efek signifikan pada performa motor. Selain itu, Leitner menilai perangkat ini hanya akan meningkatkan bahaya dan memperbesar biaya balap.

Kepada Motorsport.com, Leitner menyatakan bahwa KTM sangat ingin 'sayap-sayap' tersebut benar-benar hilang dari MotoGP. Sayangnya, perangkat ini justru sangat diminati oleh pabrikan lain, hingga suara terbanyak pun diambil sebagai keputusan bersama. KTM pun tak punya pilihan selain melakukan penyesuaian pada regulasi teknis yang satu ini.

"KTM lebih memilih pengembangan aerodinamika dihentikan secara keseluruhan, karena kami tak percaya bahwa ini (wing fairing atau winglet) adalah keputusan yang baik untuk MotoGP. Tapi beginilah situasi yang ada dan kami harus beradaptasi. Aerodinamika adalah hal yang harusnya diatur lebih ketat," ujar Leitner.