FOLLOW US:


Podium di Jerez Bikin Vinales-Yamaha Pede Hadapi Le Mans

17-05-2019 11:30
Podium di Jerez Bikin Vinales-Yamaha Pede Hadapi Le Mans
Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales © Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, menyatakan bahwa podium yang ia raih di Jerez, Spanyol, dua pekan lalu membuatnya dan seluruh anggota tim merasa percaya diri menghadapi MotoGP Le Mans, Prancis akhir pekan nanti. Hal ini ia sampaikan dalam sesi jumpa pers pada Kamis (16/5).

Dalam pekan balap tersebut, Vinales start kelima, dan untuk pertama kali mampu naik satu posisi selepas start. Menurutnya, Yamaha telah menemukan setup yang tepat untuk membantu performa startnya yang selama ini buruk. Pada akhirnya, ia bahkan mampu finis ketiga usai menahan laju Andrea Dovizioso.

"Sangat penting bagi kami untuk menjalani pekan balap dengan mengeluarkan segala potensi, terutama untuk lap-lap pertama, yakni momen yang paling krusial. Kami harus membayar besar kesalahan di Qatar, Argentina, dan Austin. Jadi kami tak bisa menunjukkan potensi, jadi hasil di Jerez sangat penting," ujarnya.

1 dari 2

Kembali Bidik Podium

Hasil di Jerez ini pun membuat tim Vinales merasa percaya diri dan termotivasi menghadapi Le Mans, di mana ia sukses meraih kemenangan pada 2017, usai bersenggolan dengan sang tandem, Valentino Rossi pada lap terakhir. Atas semangat ini, Top Gun tak malu-malu kembali membidik podium akhir pekan nanti.

"Rasa percaya diri adalah hal yang kami butuhkan. Kami harus terus bekerja keras dan memahami arah pengembangan. Target kami tetap naik podium, merebut posisi terbaik, juga harus memperbaiki kualifikasi. Kami harus mencari cara agar bisa melaju cepat dengan motor ini," ungkapnya.

2 dari 2

Perbaiki Semua Area

Juara dunia Moto3 2013 ini juga mengaku telah menemukan beberapa solusi teknis dalam uji coba pascabalap di Jerez pada Senin (6/5) lalu, di mana ia mencatat waktu tercepat kelima. Meski begitu, ia yakin sektor pengereman, akselerasi, dan performa di tikungan YZR-M1 masih harus diperbaiki lebih jauh.

"Kami telah mengalami banyak kemajuan dalam uji coba, jadi saya sangat senang. Ide kami adalah memperbaiki semua area. Kami harus lebih baik dalam pengereman, akselerasi, dan corner speed. Saya juga harus memperbaiki gaya balap, jadi uji coba ini positif. Menurut saya, penting pergi ke Le Mans dengan motivasi tinggi," tutupnya.

Saat ini, Vinales berada di peringkat keenam pada klasemen pebalap dengan koleksi 30 poin, hanya unggul satu poin dari rider Pramac Racing, Jack Miller, dan rider LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami yang masing-masing ada di peringkat ketujuh dan kedelapan.