FOLLOW US:


Surati Manor, Pemerintah Berharap Rio Haryanto Dipertahankan

27-07-2016 21:19
Surati Manor, Pemerintah Berharap Rio Haryanto Dipertahankan
Rio Haryanto © AFP
Bola.net - Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal mengirim surat kepada Manor Racing Team agar tetap memakai Rio Haryanto sebagai pembalapnya pada ajang Formula One (F1) hingga musim 2016 berakhir.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan, saat ini draft surat tersebut sudah berada di meja Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi untuk segera ditanda tangani.

"Setelah ditanda tangani, langsung akan kami kirimkan ke Manor," ujar Gatot di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (27/7).

Menurut Gatot, pemerintah punya alasan kuat mengapa ingin MRT mempertahankan Rio. Sebab, pada saat Rio diumumkan sebagai pembalap F1, Direktur MRT, Dave Ryan melalui Skype menyatakan bakal memakai Rio hingga balapan berakhir.

Selain itu, pihak MRT telah berjanji kepada pemerintah Indonesia untuk bekerja sama mempopulerkan F1 di tanah air. Janji kerjasama itu diucapkan ketika petinggi MRT, Abdulla Boulsien menemui Menpora di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Meskipun prestasi Rio belum memuaskan, Manor Racing harus memberi peluang kepada Rio untuk tetap berlaga hingga akhir putaran F1 tahun ini," tutur Gatot.

"Mereka juga telah berwacana untuk program karier Rio pada dua tahun berikutnya dan kerjasama edukasi tentang F1 antara Manor dengan Pemerintah Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya, Manor telah mengirim surat kepada Menpora pada 18 Juli 2016. Surat tersebut meminta kepastian terkait sponsor Rio apakah masih ada tambahan lagi atau tidak.

"Manor mengatakan kepada kami jika tidak ada tambahan dana, nasib Rio akan berakhir di GP Hungaria. Tapi kami bersama Pertamina selaku sponsor Rio sepakat meminta Manor tetap pakai Rio," tutup Gatot. (fit/asa)