FOLLOW US:


Tak Hadiri FIM Gala 2019, Marc Marquez Bebas Hukuman

03-12-2019 12:20

 | Anindhya Danartikanya

Tak Hadiri FIM Gala 2019, Marc Marquez Bebas Hukuman
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez © HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, bisa bernapas lega usai dipastikan takkan dijatuhi hukuman denda karena tak menghadiri FIM Awards atau FIM Gala di Monte Carlo, Monaco, pada Minggu (1/12/2019) lalu.

FIM Awards adalah malam penghargaan bergengsi bagi insan balap motor yang digelar oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM) pada akhir tahun. Setiap juara dunia dari berbagai disiplin wajib hadir dalam acara ini.

Meski begitu, Marquez justru tak hadir dalam gelaran kali ini lantaran masih dalam tahap pemulihan cedera dislokasi parsial bahu kanan, yang baru dioperasi pada Rabu (27/11/2019) lalu. Ia pun terancam dapat hukuman.

1 dari 2

Batal Dijatuhi Hukuman

Sesuai Kode Etik FIM, pada halaman 142 pasal 60.7, para pebalap yang meraih gelar dunia di kelas maupun disiplin apa pun wajib hadir, atas permintaan FIM, dalam upacara penghargaan yang diadakan setiap tahun oleh FIM.

Seorang pebalap yang tak hadir dalam gelaran ini akan didenda minimal sebesar 10.000 Swiss Franc dan maksimal 100.000 Swiss Franc. Alasan seorang pebalap tak hadir dalam gelaran tersebut akan dievaluasi oleh FIM Stewards panel.

Meski begitu, Presiden FIM Jorge Viegas menyatakan kepada Marca bahwa Marquez takkan dijatuhi denda. "Jelas kami takkan memberi sanksi kepada Marc Marquez atas alasan yang kita semua sudah ketahui. Ia ingin datang, tapi dokter melarang," ungkapnya.

2 dari 2

Casey Stoner dan Mick Doohan Pernah Absen

Uniknya, bukan Marquez saja yang pernah absen dari FIM Awards. Casey Stoner juga pernah absen dari acara ini usai meraih gelar dunia MotoGP 2011 bersama Repsol Honda meski tak diketahui alasan pastinya. Ia pun dijatuhi denda, walau tak dilansir berapa nominal yang harus ia bayar.

Beberapa tahun lalu, Mick Doohan juga sempat absen usai meraih salah satu gelar dunianya di kelas GP500 dengan alasan tak punya waktu untuk hadir. Ia sempat didenda 10.000 Swiss Franc, namun pria asal Australia itu mengajukan banding.

Doohan dikabarkan menyewa pengacara mahal untuk membantunya membuktikan kepada FIM Stewards Panel bahwa ia memang tak bisa hadir dalam acara tersebut. Setelah terbukti tak cari-cari alasan, FIM pun mencabut sanksinya.