Tak Hanya Lorenzo, Pirro Akui Juga Bantu Dovizioso

18-03-2017 12:00
Tak Hanya Lorenzo, Pirro Akui Juga Bantu Dovizioso
Michele Pirro © Ducati

Bola.net - Test rider Ducati Corse, Michele Pirro menolak disebut riding coach atau pelatih balap Jorge Lorenzo. Rider asal Italia ini bahkan mengaku peranannya di tim tersebut tak hanya berfungsi untuk membantu Lorenzo, melainkan juga untuk membantu Andrea Dovizioso. Hal ini disampaikan Pirro dalam wawancaranya dengan Superbike Planet.

Sejak akhir tahun lalu, Lorenzo memang getol mencari pelatih balap untuk menggantikan Wilco Zeelenberg yang memilih bertahan di Yamaha. Ia sempat berusaha menggaet juara dunia MotoGP 2007 dan 2011, Casey Stoner, namun ditolak. Pilihannya pun jatuh kepada Pirro, dan keputusan ini disetujui oleh Ducati.

Meski begitu, Pirro sendiri menolak disebut 'coach', dan lebih senang tetap disebut sebagai test rider Ducati. Ia juga mengaku masih aktif memberikan feedback kepada Dovizioso, mengingat mereka sudah bekerja sama mengembangkan Desmosedici sejak 2013 lalu.

Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso (c) Ducati


"Saya bukan pelatih, saya tetap rider Ducati. Saya sudah mengendarai motor mereka selama lima tahun terakhir, dan sayalah orang pertama yang menjajal materi terbaru. Saya satu-satunya orang yang menjajal semua perangkat. Posisi saya adalah test rider, jadi saya mendukung Jorge dan Dovi di lintasan," tuturnya.

Selama bernaung di Ducati, Pirro memiliki banyak peranan. Selain sebagai test rider, ia juga diturunkan di beberapa balapan MotoGP dengan fasilitas wildcard. Ia juga bertugas menggantikan rider Ducati mana pun yang cedera di MotoGP dan WorldSBK. Aktif turun di kejuaraan CIV Superbike, ia yakin perannya ini juga membantunya tumbuh sebagai rider yang baik.

"Saya bisa mempelajari bagaimana mereka berkendara. Saya bisa melihat mereka dari tepi lintasan dengan sudut pandang sebagai pembalap, bukan engineer. Sebagai tambahan, saya tahu rasanya mengendarai motor mereka, jadi saya memberi mereka beberapa feedback. Kami berbagi banyak ide dan ini membantu mempercepat proses pengembangan," pungkasnya. (sp/kny)

 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Otomotif

- - -