FOLLOW US:


Tech 3 Bangga Dapat 'Triple Crown' MotoGP 2017

06-11-2017 11:00
Tech 3 Bangga Dapat 'Triple Crown' MotoGP 2017
Johann Zarco © AFP

Bola.net - Monster Yamaha Tech 3 memang tidak berstatus tim pabrikan, namun tim asal Prancis ini sangat bangga bisa mengunci gelar 'Triple Crown' sebagai tim satelit tahun ini. Kepada Motorsport Total, sang bos tim, Herve Poncharal mengaku bahwa performa tim dan para ridernya telah melebihi ekspektasi awal.

Nekat menggaet dua debutan sekaligus, Tech 3 memang menggebrak musim ini. Johann Zarco sukses mempersulit 'hidup' para rider pabrikan di papan atas, sementara Jonas Folger terus mengekor meski sayangnya harus absen sejak Jepang akibat terserang virus Epstein Barr. Dalam MotoGP Australia, Zarco pun mengunci gelar debutan terbaik.

"2017 jelas musim yang menakjubkan bagi Tech 3. Meski kami mengawali musim dengan dua rookie, kami percaya mereka bakal tampil baik, bahkan nyatanya mereka melampaui ekspektasi. Target utama mereka adalah menjadi debutan terbaik, apalagi melawan Alex Rins dan Sam Lowes yang kuat," ujar Poncharal.

Johann Zarco (c) AFP
Selain menjadi debutan terbaik, Zarco yang merupakan juara dunia Moto2 2015-2016 juga sukses menjadi rider tim satelit terbaik, mengalahkan rider LCR Honda, Cal Crutchlow dan rider Octo Pramac Racing, Danilo Petrucci yang sama-sama mendapat pasokan motor pabrikan.

"Johann merebut gelar debutan terbaik dengan mudah, karena Jonas sangat disayangkan absen akibat masalah kesehatan. Target keduanya sebagai rider tim satelit terbaik juga sulit diraih karena Cal memenangi dua balapan tahun lalu, ditambah Danilo yang podium beberapa kali tahun ini," tutur Poncharal.

Kebahagiaan Tech 3 tak berhenti di situ. Menjelang seri terakhir di Valencia, Spanyol akhir pekan ini, mereka juga telah dipastikan menjadi tim satelit terbaik, menduduki peringkat keempat pada klasemen tim, di belakang Repsol Honda, Movistar Yamaha dan Ducati Corse, serta mengalahkan tim satelit lainnya, Octo Pramac Racing.

"Kesuksesan kami tahun ini sangatlah penting bagi sponsor kami. Apapun yang terjadi di Valencia, kami akan mengakhiri musim di peringkat keempat di belakang tiga tim pabrikan, kami juga tim independen terbaik, jadi saya sangat berterima kasih kepada para pembalap dan rekan kerja saya. Kami dapat 'Triple Crown'!" pungkas Poncharal.