Profil John Herdmand, Pelatih yang Bawa Kanada Lolos ke Piala Dunia 2022 Setelah Absen 36 Tahun

Serafin Unus Pasi | 6 Oktober 2022 19:01
Pelatih timnas Kanada, John Herdmand (c) AP Photo

Bola.net - John Herdman menjadi sosok penting di balik kesuksesan timnas Kanada lolos ke Piala Dunia 2022. Di bawah sentuhan tangan dinginnya, The Cannuck kembali ke pentas turnamen Piala Dunia setelah penantian panjang selama 36 tahun.

Setelah menunggu sangat lama, perjuangan Kanada terbayar lunas tahun ini. Mereka memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Jamaika pada laga ke-13 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF. Itu adalah perjuangan yang tidak mudah mengingat Kanada bukan negeri sepakbola.

Bertanding di BMO Field, Kanada meraih kemenangan telak 4-0. Atas hasil tersebut, The Cannuck sukses bertengger di puncak klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia dengan mengemas poin 28 dari hasil delapan kali menang, empat imbang, dan dua kali kalah.

Untuk catatan sejarah penting ini, timnas Kanada dan para pendukungnya harus berterima kasih kepada John Herdman sebagai juru taktik. Berikut profil John Herdman yang loloskan Kanada ke Piala Dunia 2022.

1 dari 5 halaman

Rekam Jejak Sebagai Pemain

John Herdman mengawali kiprahnya di dunia sepak bola sebagai calon pemain. Ia awalnya ikut trial bersama klub Notts County namun, sayangnya ia gagal lolos dalam seleksi itu.

Kegagalan trial di klub tersebut, Herdman kemudian banting setir untuk fokus dalam dunia kepelatihan dan memulai kursus saat usianya baru 16 tahun.

Di usia 17 tahun, John Herdman yang dilahirkan di kota kecil bernama Consett pada 19 Juli 1975, sudah mendapat lencana kepelatihan pertamanya.

2 dari 5 halaman

Awal Karier Jadi Pelatih

John Herdman memulai karier sebagai pelatih sepak bola saat menjadi asisten dosen di Universitas Northumbria. Dari situ dia kemudian menjadi sosok dalam pengembangan akademi pemain muda Sunderland hingga tahun 2001.

Setelah meraih sertifikasi pelatih internasional, dia kemudian memulai perjalanannya menjadi pelatih timnas putri Selandia Baru. Pada jabatan tersebut dia sukses membawa Selandia Baru ke Piala Dunia Wanita 2007 dan 2011, serta ke Olimpiade 2008.

Lalu kemudian dia menangani timnas putri Kanada di tahun 2011 dan kembali sukses meloloskan timnas putri Kanada ke Piala Dunia Wanita 2015. Berbekal kesuksesan tersebut, Herdman diromosikan melatih timnas putra Kanada. Di sinilah dia kembali menunjukkan kelasnya sebagai pelatih top.

3 dari 5 halaman

Karier Bersama Timnas Kanada

Herdman kemudian menjadi pelatih kepala dan direktur timnas sepak bola pria Kanada pada 18 Januari 2018. Herdman juga diberi tanggung jawab untuk membina timnas kelompok umur.

Ketika Herdman ditunjuk sebagai pelatih, tim sepak bola pria Kanada hanyalah tim peringkat 94 dunia. Mereka juga hanya tim peringkat 10 di Zona CONCACAF.

Sejak tampil di Piala Dunia 1986, Kanada juga belum pernah lolos lagi ke Piala Dunia. Meski begitu, pelatih berusia 47 tahun begitu optimis dan langsung mematok target tinggi kala itu.

Dan terbukti, ia memastikan Kanada jadi wakil pertama CONCACAF yang lolos ke Piala Dunia 2022 berkat hasil gemilang selama terjun di babak kualifikasi.

4 dari 5 halaman

Formasi Andalan

Formasi favorit John Herdman selama menangani timnas Kanada adalah menggunakan pakem 4-2-3-1. Dalam formasi tersebut, kekuatan utama The Cannuck terletak pada kecepatan dua winger mereka, yaitu Alphonso Davies dan Tajon Buchanan.

Dengan kecepatan yang dimiliki mereka, Herdman berusaha mengakomodir kekuatan tersebut dengan melakukan gaya direct football yang korelasinya langsung bermain ke depan.

5 dari 5 halaman

Torehan Prestasi

John Herdman memang belum pernah meraih trofi di kejuaraan manapun. Namun, bersama timnas Kanada ia meraih penghargaan “Most Improved Side” pada 2021 setelah Kanada berhasil naik 32 posisi dari peringkat 72 dunia ke peringkat 40 dunia.

Namun, prestasi terbaiknya tentu saja mengantar timnas Kanada tampil luar biasa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF. Kemenangan 4-0 atas Jamaika pada 27 Maret lalu memastikan The Cannuck jadi wakil pertama CONCACAF yang lolos ke Piala Dunia 2022.

Hasil tersebut membuat Kanada lolos lagi ke Piala Dunia setelah absen 36 tahun. John Herdman juga berhasil mengubah wajah persepakbolaan Kanada. Kini, The Cannuck bertengger di peringkat 43 dunia dan punya pondasi bagus untuk menatap Piala Dunia 2022 mendatang.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR