FOLLOW US:


Seaman: James Masih Yang Terbaik

31-05-2010 16:00

 | David James

David James (c) AP
David James (c) AP

Bola.net - Krisis kiper yang melanda timnas Inggris, membuat salah seorang legenda Three Lions angkat bicara. David Seaman, kiper andalan Inggris di era 90-an sampai awal 2000-an itu menyatakan bahwa David James masih merupakan pilihan terbaik di bawah mistar.

Menurut Seaman, James merupakan kiper yang memiliki skill yang menawan. Selain itu, dia juga sosok senior dengan segudang pengalaman bertanding.

"Di ajang seperti Piala Dunia, kemampuan individu bukanlah yang terpenting. Faktor pengalaman kerap kali menjadi yang paling krusial," ungkap Seaman.

"James merupakan sosok penjaga gawang yang memiliki dua hal tersebut. Selain skill yang bagus, dia juga telah kenyang pengalaman bertanding."

"Memang, dia kerap dikabarkan kerap membuat blunder. Namun, bagi saya, semua kiper pasti juga kerap melakukan hal yang sama."

Sementara itu, terkait dua kiper pelapis Inggris, Robert Green dan Joe Hart, Seaman mengatakan bahwa mereka berdua belum saatnya tampil di ajang sekelas Piala Dunia. "Tidak ada yang meragukan kemampuan Green dan Hart. Namun, ini merupakan ajang yang sarat dengan tekanan. Pengalaman mereka mengatasi tekanan itulah yang masih kurang," tandas pahlawan Inggris di Piala Eropa 1996 tersebut.  (bola/den)