FOLLOW US:


Euro 2020 Ditunda, Kabar Baik Bagi Pemain yang Cedera Panjang

19-03-2020 09:40

 | Richard Andreas

Euro 2020 Ditunda, Kabar Baik Bagi Pemain yang Cedera Panjang
Trofi Euro 2020 © uefa

Bola.net - Keputusan UEFA menunda ajang akbar Euro 2020 sampai satu tahun ke depan menuai berbagai respons positif. Keputusan ini dianggap sebagai yang terbaik di tengah pandemi virus corona yang melanda dunia.

Selasa (17/3/2020) kemarin, UEFA mengumumkan kabar besar ini setelah menggelar pertemuan darurat melalui panggilan konferensi video dengan empat pilar penting sepak bola Eropa. Tidak ada yang keberatan, semua satu suara dalam menunda Euro.

Keputusan ini dibuat supaya liga-liga domestik mendapatkan waktu ekstra untuk menuntaskan musim ini. Pasalnya, pandemi virus corona telah memaksa hampir semua liga Eropa untuk dihentikan sejenak.

Menunda Euro adalah keputusan penting dan berani di tengah krisis. Namun jelas bakal ada efek domino yang terjadi setelah keputusan tersebut.

Goal internasional menjelaskan bahwa penundaan Euro selama 12 bulan bakal memengaruhi sejumlah pemain. Khususnya mereka yang cedera panjang. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Kabar Baik?

Keputusan menunda turnamen sampai 12 bulan berarti pemain-pemain yang seharusnya tidak bisa bermain di Euro 2020 tahun ini karena cedera punya kesempatan untuk memulihkan diri dan bermain di turnamen besar Eropa tersebut.

Sebut saja Ousmane Dembele, bintang muda Prancis ini merupakan salah satu pemain yang terlibat dalam keberhasilan menjuarai Piala Dunia 2018 Rusia, tapi Dembele dipastikan absen di Euro 2020 ini karena cedera parah bulan lalu.

Sekarang, pemain 22 tahun ini punya motivasi ekstra untuk memulihkan diri setelah memahami Euro ditunda selama satu tahun. Tentu apabila dia bisa mengenyahkan masalah cedera kambuhan ini dan mulai lebih sering bermain.

2 dari 3

Juga Eden Hazard

Belgia jelas tidak akan jadi tim yang sama tanpa Eden Hazard. Situasi Hazard sedikit mirip dengan Dembele, meski tidak terlalu buruk.

Absennya winger Real Madrid ini bakal sangat kentara. Hazard diyakini tidak bisa pulih tepat waktu untuk Euro 2020 karena baru saja menjalani operasi pergelangan kaki awal bulan ini.

Tentu penundaan selama 12 bulan ini jadi kabar baik bagi Hazard. Dia punya kesempatan untuk memulihkan diri, kembali ke level terbaiknya, lalu memasuki Euro 2021 dalam puncak performanya.

3 dari 3

Ada Zaniolo

Selain dua nama di atas, Nicolo Zaniolo pun termasuk beruntung dengan penundaan Euro 2020 ini. Dia punya kesempatan mewujudkan mimpi membela Timnas Italia pada turnamen besar.

Gelandang serang Roma ini sedang menunjukkan performa apik sebelum menderita cedera ligamen yang memaksa musimnya berakhir lebih cepat. Absennya Zaniolo jelas akan merugikan Timnas Italia.

Sumber: Goal