Mirip Tahun 2008, Spanyol Disebut Bisa Juara Euro 2020

Dimas Ardi Prasetya | 12 Juni 2021 00:33
Timnas Spanyol (c) AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Barcelona Cesc Fabregas menyebut situasi di skuat Spanyol mirip dengan situasi di tahun 2008 silam dan La Furia Roja bisa saja jadi juara di Euro 2020 ini.

Pelatih timnas Spanyol saat ini, Luis Enrique, membuat keputusan mengejutkan. Ia tak membawa serta sejumlah pemain ternama di tim yang akan berlaga di Euro 2020.

Sebut saja bek Real Madrid, Sergio Ramos. Enrique memilih membawa pemain-pemain muda dan relatif belum teruji.

Keputusan ini pun menimbulkan kehebohan. Enrique pun juga panen cemoohan.

1 dari 2 halaman

Mirip Spanyol 2008

Namun ini bukan pertama kalinya Spanyol menyingkirkan nama-nama besar dan memilih para pemain muda. Hal itu pernah terjadi pada tahun 2008 silam di era pelatih Luis Aragones.

Salah satu pemain yang menghuni tim tersebut adalah Cesc Fabregas. Skuat Spanyol saat itu berhasil memenangi gelar Euro 2008 dan akhirnya memulai era dominasi di Eropa dan dunia.

Melihat kesamaan tersebut, Fabregas mengatakan fans tak perlu risau. Apalagi ada kemungkinan Spanyol bisa mengulang prestasi 13 tahun silam itu.

“Saya memilikinya pada tahun 2008 ketika saya berusia 21, saya pikir. Ada Silva dan Iniesta yang datang, dan semua orang sedikit meragukan kami karena Raul, [Michel] Salgado, [Santiago] Canizares dan [David] Albelda tidak dipanggil," kenangya pada Goal.

“Semua pemain itu disingkirkan untuk memberi ruang bagi kami para pemain muda. Kami akhirnya memenangkan turnamen dan saya rasa saya tidak perlu mengulangi apa yang terjadi setelahnya," seru Fabregas.

2 dari 2 halaman

Dukung Spanyol

Cesc Fabregas menambahkan para fans tak perlu meragukan keputusan Luis Enrique. Ia meminta semua pihak agar terus mendukungnya dan skuat Spanyol di Euro 2020 ini.

“Ini tentang memberi peluang dan itulah yang telah dilakukan Luis Enrique," ujar Fabregas.

“Tidak akan mudah bagi Spanyol, tetapi dalam kompetisi di papan atas, level teratas itu sederhana. Mereka hanya harus bersaing. Ini adalah tim muda tetapi mereka telah membuktikan bahwa mereka dapat bermain dengan baik di kualifikasi," tuturnya.

"Luis Enrique adalah pemain dan pelatih dengan banyak kepribadian, ide bagus dan ia tidak ingin mempersulit dirinya sendiri. Ia ingin melakukan yang terbaik dan kami perlu mendukungnya dan mengikutinya. Kami akan berada di belakang tim dan saya harap kami bisa melakukannya dengan baik," tandasnya.

Spanyol berada di Grup E di pentas Euro 2020 ini. Mereka tergabung bersama Swedia, Polandia, dan Slovakia.

(goal)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR